BULA, Siwalimanews – Ribuan pendukung calon Bupati SBT Mukti Keliobas membanjiri lapangan Mida di Pulau Gorom untuk mengukuti kampanyenya, Kamis (12/11).

Mukti dan timnya disambut oleh ratusan pendukung dari masing-masing desa dengan tarian Haderat yang disertai dengan pengaluangan bunga. Bahkan saat mukti dan timnya sebelum memasuki areal kampanye ia diiringi lagu daerah Mida yang dianggap sangat bersejarah bagi negeri itu dan Amasekaru.

Mukti dalam kampnye itu didampingi oleh Ketua Tim Pemenang Paslon ADIL, Agil Rumakat, Sekretaris tim pemenang Abdullah Kelilauw, Mantan Wakil Bupati SBT dua Periode Siti Umuriyah Seruwaky, usen Kelilauw, Udin Rumasilang, Nuzul Rumain, Bunjamin Tjiuw, Adnan Hatala, Ridwon Tatakora, Wahyudin Rumata, Jamal Rumatiga , Baneli Kotaromalos, dan Ketua dan Sekertaris DPD Partai Golkar Malteng Rudolf Loilossa dan Hasan Alkatiri.

Wahyudi Rumata saat berkampanye menyebutkan, jika ada kandidat lain menyampaikan pemerintahan Mukti gagal itu snagat tidak beralasan, sebab  untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM) SBT pada tahun 2014 lalu dibawah 59 Persen, namun setelah pemerintahan Mukti Keliobas IPM naik mencapai 62 Persen.

“Itu sama dengan terjadi laju kenaikan IPM di lima tahun terakhir berada pada peringkat pertama di Maluku. Selain itu, pendapatan rata-rata penduduk atau disebut dengan PDRB perkapita mulai dari tahun 2014 ke tahun 2018 semakin melaju dengan angka saat ini mencapai 10,17 persen dibandingkan lima tahun lalu,” ucapnya.

Baca Juga: Golkar Optimis Menang Pilkada Empat Kabupaten

Selain itu Indek Pembangunan Desa ( IPD) dalam lima tahun terakhir, rata-rata 40,80 poin di tahun 2014 dan mengalami kenaikan menjadi 47,23 Poin. Artinya setiap dimensi dalam IPD itu mengalami peningkatan dari sisi pelayanan dasar, infrastruktur, aksesibilitas transportasi, layanan umum dan penyelenggaraan pemerintahan .

Jika ada yang bilang angka pengangguran tinggi, maka itu omong Kosong, karena saat ini lajunya penurunan angka pengangguran di SBT berada pada urutan kelima dari 11 Kabupaten/kota di Maluku. Selain itu, Laju penurunan angka kemiskinan berada pada urutan kedua setalah Malra dari 11 kabupaten/kota.

Selain Itu, Abdul Mukti Keliobas saat memimpin SBT Ia telah melakukan pembangunan infrastruktur jalan mulai dari Bula-Werinama dan Bula-Air Nanang yang hampir telah rampung juga jalan lingkar Pulau Manowoko yang saat ini pekerjaan pengaspalan sudah mencapai 4 km, pembanguan tower dan lain sebagainya.

Jurkam Lainnya Abdullah Kelilauw menegaskan, Kecamatan Pulau Panjang itu sudah berjanji bahwa Paslon Abdul Mukti Keliobas – Idris Rumalutur akan menang di kecamatan itu, sebab disana juga ada Ibu Siti Umuriyah yang pernah mengabdi 10 tahun sebagai wakil bupati pada kepemimpinan Abdullah Vanath.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada Warga Mida agar jangan terpancing dengan pemberian barang yang harganya hanya Rp 25 ribu dari kandidat lain. Jika ada demikian, itu mereka sengaja untuk menjatuhkan harga diri orang Gorom.

“Saya berharap, warga Negeri Mida selalu jaga hubungan silaturahmi dengan baik agar Abdul Mukti Keliobas keluar sebagai Pemenang di pilkada ini,” pintanya. (S-47)