AMBON, Siwalimanews –  Dua atlit balap sepeda yakni Reyvo Michelle Picauria dan Fazrin Nurdin akan mewakili Maluku untuk mengikut Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda yang digelar oleh Indonesian Cyling Federation (ICF), di Cimahi dan Garut, Jawa Barat, pada 23-31 Oktober mendatang.

Reyvo Michelle Picauria merupakan siswa kelas III SMAN 2 Ambon sementara Fazrin Nurdin adalaj mahasiswa Polteknik Negeri Ambon.

“Kami memberangkatkan dua atlet ini untuk mengikuti KejurnasBalap Sepeda 2021 untuk road race nomor individual time trials,” ungkap Wakil Ketua II Penprov ISSI Maluku, H. Sjamsiar, kepada wartawan, di Ambon, Selasa (19/10).

Dikatakan, Kejurnas Balap Sepeda ini mempertandingkan kategori elite under 23 dan Junio yang terdiri dari lima nomor lomba yakni road race, BMX, freestyle, trial, track dan mountain bike. Khusus untuk road race akan melombakan tiga nomor yakni individual timetrials, indi­-vidual road race dan oriterium.

“Kedua atlit dipilih usai mengikuti lomba gowes 40 kilometer yang digelar untuk memperingati ulang tahun Ditlantas Polda Maluku pada September lalu,” katanya.

Dijelaskan, Fazrin Nurdin akan bertanding di Kejurnas ICF2021 karegori under 23 untuk nomot lomba road race individual time trials 65 kilometer sedangkan Reyvo Michelle Picauria pada kategori junior riad race individual tim trials 13 kilometer dan keduanya dihadwalkan akan berangkan 21 Oktober.

“Keiikutsertaan atlet asal Maluku ini menjadi sejarah bagi olah raga balap sepeda Maluku karena sebelumnya provinsi ini tidak pernah mengirimkan wakilnya untuk berpartisipasi di Kejurnas balap sepeda,” tandasnya.

Ia mengaku telah menyurati pihak KONI Maluku mengenai keberangkatan dua atlet ini tapi sampai saat ini belum ada respon dari KONI Maluku.

“Kami tidak menargetkan medali maupun kemenangan dalam Kejurnas tersebut karena waktu persiapan kedua atlet muda tersebut cukup singkat, hanya satu bulan setelah dipilih untuk mewakili Maluku,” kata Sjamsiar.

Ditempat yang sama Reyvo Michelle Picauria mengatakan, meski  awalnya dirinya hanya menggeluti balap sepeda khusus BMX, mengikuti pertaningan road race tidak terlalu sulit baginya karena ia sering melakukan aksi bersepeda tur lintas wilayah puluhan kilometer. “Demi mewakili Maluku, saya mempersiapkan diri dengan gowes dan menjaga kesehatan agar stamina tetap terjaga saat bertanding nantinya,” ujar Reyvo.  (S-16)