Reses di Manipa, Silawane Siap Tampung Aspirasi Masyarakat

PIRU, Siwalimanews – Pelaksanaan serap aspirasi (Reses) di Pulau Manipa Kecamatan Manipa Kabupaten Seram  Bagian Barat (SBB), politisi Partai Gerindara Abu Silawane, anggota DPRD dapil V  ini siap tampung dan mengeksekusi aspirasi masyarakat.

Kegiatan reses yang kedua kalinya di Kepulauan Manipa ini di pejabat pemerintah setempat, Camat Manipa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta masyarakat yang hadir tampak antusias mengikuti reses, bahkan ada beberapa persoalan yang diajukan oleh warga pada sesi tanya jawab.

Anggota DPRD SBB dua periode ini mengaku, dari semua aspirasi yang disampaikan masyarakat, pihaknya tampung dan selanjutnya akan dieksekusi atau dilaksanakan.

“Mekanisme reses itu, menyerap keinginan atau usulan masyarakat, semuanya diterima dan akan kami kawal sampai realisasi. Tahapannya, sekarang kami rekap, lalu diteruskan ke pimpinan dewan. Setelah itu DPRD meneruskan ke eksekutif dan masing-masing OPD untuk mengeksekusinya,” ungkapnya, kepada Siwalima, Sabtu (22/2).

Dijelaskan, dari beberapa usulan atau keinginan masyarakat tersebut diantaranya, penyediaan air bersih, jalan setapak, talut penahan ombak, pemberdayaan masyarakat, dan sebagainya.

“Untuk aspirasi masyarakat berupa air bersih, hal ini sangat penting, sebab merujuk kepada persoalan saat kemarau panjang dan ini tentunya berimbas besar terhadap pengadaan air bersih,” katanya.

Kata Silawane, air bersih ini perlu mendapatkan perhatian khusus, tanpa mengecualikan kebutuhan masyarakat lainnya.  “Semua tuntutan mereka itu penting, makanya satu per satu kami tidak abaikan dan diupayakan harus terlaksana, terutama air bersih dan juga pemberdayaan masyarakat dan sebagainya,” tegasnya.

Dikatakan, momen reses ini baginya itu sangat penting, sebab pihaknya bisa langsung bertatap muka dengan masyarakat, untuk bersilaturahmi dan melaksanakan tugas negara.

“Dalam agama juga sudah jelas disebutkan, memperbanyak silaturrahmi itu bisa memperpanjang umur, makanya dalam reses ini, saya juga berniat sebagai ajang silaturahmi,” ujarnya.

Selanjutnya, sesuai aturan, setiap empat bulan sekali semua anggota dewan melaksanakan reses, termasuk yang sudah ia lakukan. Selama program reses pihaknya mengharapkan ini bisa dijadikan sebagai ruang masyarakat untuk memberikan usulan, keluhan, kritik dan saran bagi dirinya dan anggota-anggota DPRD SBB yang lainnya.

“Tidak hanya aspirasi, kami juga terbuka dengan saran dan kritik yang disampaikan masyarakat, sinergitas ini sangat penting untuk membangun SBB kedepan lebih baik lagi dan terlebih khusnya lagi pulau manipa dan sekitarnya,”pungkasnya. (S-48)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *