Rektor Harap Ilmu Sosial Berkontribusi bagi Pembangunan

Dies Natalies ke-60

AMBON, Siwalimanews – Rektor Unpatti, M.J Saptenno berharap, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpatti dapat berkontribusi bagi pembangunan, terutama pembangunan ekonomi.

“Mari kita berdiskusi agar kita dapat mengembangkan pikiran-pikiran kita, agar kedepan peran ilmu-ilmu sosial ini dapat berkon­tribusi bagi pembangunan teru­tama pembangunan ekonomi,” jelas Saptenno dalam sambutan­nya saat pencanangan Dies Natalies ke-60 FISIP Unpatti, yang berlangsung di halaman Kampus FISIP Unpatti, Selasa (24/9).

Dikatakan, FISIP telah membuat gebrakan-gebrakan yang luar biasa artinya, jika FISIP maju maka tentunya Unpatti  juga maju, sehingga ia tidak mungkin bisa bangga kalau Unpatti maju tetapi FISIP tidak maju maupun fakultas-fakultas lainnya.

“Ilmu-ilmu sosial ini  penting kita pelajari, karena banyak orang menganggap ilmu sosial dengan mata sebelah, seakan-akan ilmu sosial ini tidak punya makna bagi bangsa dan negara, padahal konflik terjadi dimana-mana karena orang tidak memperhatikan pentingnya ilmu sosial dalam menata kehidupan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, Menteri Ristek Dikti senantiasi berpesan agar hasil-hasil penelitian dan kajian dapat bermuara dan mempunyai nilai ekonomi, sebab tanpa itu percuma berdiskusi, memberikan materi, ceramah tetapi ujung dari semua itu tidak bermanfaat.

Saptenno juga mengingatkan, jika hari ini diawali dengan pencanangan kemudian ada seminar-seminar maka, selesai itu dibukukan pikiran-pikiran itu, diterbitkan dan diimplementasikan, sebab banyak yang berseminar dan disimpan hasilnya didalam laci tanpa ada implementasi, karena implementasi itu penting agar dapat bermakna bagi banyak orang.

Sementara itu, Dekan FISIP Tonny D Pariela mengatakan, usia 60 tahun belum tua tetapi juga tidak bisa dikatakan masih muda, sebuah usia 60 tahun adalah usia yang matang terutama dalam rangka menempat­kan dirinya ditengah dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa terutama  di Maluku.

Di lingkungan universitas, lanjutnya, FISIP adalah fakultas tertua kedua setelah fakultas hukum, artinya FISIP secara tersirat termasuk yang dituntut untuk memberikan kontribusi signifikan bersama-sama tentu dengan fakultas lainnya untuk mendinamisasi, kemajuan Unpatti yang sama-sama dicintai. (S-16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *