AMBON, Siwalimanews – Ratusan takjil dibagi Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Jumat (30/4), berlokasi di kawasan jalan A.Y Patty depan Kantor Dinas Damkar.

Sasaran pembagian takjil gratis ini ditujukkan kepada para pengendara yang melintasi kawasan Jalan A.Y Patty, juga para masyarakat umum yakni pejalan kaki yang melewati jalan tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PMI Maluku, Jhon Ruhulesin didampingi Sekretaris Kota Ambon, A. G Lattuheru yang juga merupakan Ketua Dewan Istimewa PMI Kota Ambon, serta Kadis Damkar Kota Ambon, Edwin Pattikawa.

Ruhulesin yang ditemui usai pembagian takjil mengatakan, melalui pembagian takjil yang dilakukan antara pihaknya dengan Damkar diharapkan dapat membangun solidaritas yang tinggi antar umat beragama.

“Kita sambut ini dengan sukacita. Sebab PMI sebuah organisasi kemanusiaan. Ambon mesti menjadi kekuatan bersama bagi kita untuk membangun solidaritas. Damai harus terus kita wujudkan, tanggungjawab PMI, Damkar dan semua komponen masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Kader Sebut PDIP Dirugikan

Sementara, Sekkot A.G Latuheru menyatakan umat muslim yang menerima takjil begitu antusias dan sukacita. Artinya, ada memiliki semangat kehidupan bersama yang kuat dan ini penting dimaknai. Sebabnya pemerintah perlu memberi atensi positif atas kolaborasi PMI dan Damkar.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Edwin Pattikawa mengakui pembagian takjil ini merupakan kali kedua. PMI dan Damkar hadir untuk memberi kedamaian karena kemanusiaan diatas segala-galanya. Pemaknaan itulah diwujudkan lewat penyaluran takjil kepada masyarakat muslim khususnya.

“Itu bentuk solidaritas kita untuk bersama menjaga kerukunan umat beragama di Maluku tetap terpelihara, yang harus didorong PMI karena PMI punya kenetralan. Desember lalu saat Natal kita juga berbagi bingkisan dengan anak-anak SMTPI. Artinya siapa saja kita PMI dan Damkar harus hadir,” tandas Pattikawa. (S-52)