AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar melakukan mutasi besar-besaran ditubuh kepolisian di daerah ini.

Sebanyak 151 personil baik bertugas pada polres-polres jajaran maupun di Polda Maluku dimutasikan. Mereka yang dimutasikan berpangkat mulai dari Briptia hingga Aiptu. Mutasi ini tertuang dalam tiga surat telegram rahasia (STR) Kapolda Maluku.

STR yang ditanda tangani Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Moh Dwita Kumuwardana ini masing-masing bernomor: STR/112/V/KEP/2020 tertanggal 8 Mei 2020 tentang perpanjangan masa penugasan pemangku sementara serta pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan ditingkat Polda Maluku.

Kemudian STR kedua yakni Nomor: STR/113/V/KEP/2020 tertanggal 8 Mei 2020 tentang mutasi brigadir di lingkungan Polda Maluku serta STR ketiga dengan Nomor: STR/114/V/KEP/2020 tertanggal 8 Mei 2020 tentang mutasi brigadir dilingkungan Polda Maluku.

Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19, maka Kapolda minta dalam STR itu kepada pejabat pengemban fungsi SDM untuk berkoordinasi dengan pengemban fungsi SDM pada satker tujuan mutasi, terkait teknis dan waktu penghadapan personil yang melaksanakan mutasi.

Selain itu, para personil juga diminta untuk mengajukan biaya perjalanan dinas mutasi dari satker Polda Maluku ke Satker polres jajaran maupun sebaliknya terkecuali mutasi antar Satker Polda atau dari Satker Polda ke Polresta Pulau Ambon maupun sebaliknya.

Para personbil yang dimutasi juga diminta untuk berkoordinasi dengan pejabat pengemban fungsi kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personil yang melaksanakan mutasi sebelum menghadap dan setelah menghadap di kesatuan yang baru.

Kabid Humas Polda Maluku Muhammad Roem Ohoirat yang dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (9/5) terkait dnegan mutasi tersebut membenarkannya.

“Ia benar ada mutasi ratusan personil baik itu Brigadir maupun Aiptu,” ungkap Kabid. (S-32)