AMBON, Siwalimanews – Ratusan personel Lantamal IX Ambon menjalani proses vaksinasi Covid-19 tahap II bagi seluruh personel, baik perwira, bintara dan tamtama, serta PNS.

Proses vaksinasi ini, sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan tentang pemberian vaksin kepada petugas publik. Vaksinasi Covid-19 tahap dua ini digelar di Gedung dr Johanes Leimena, Mako Lantamal IX Ambon, Kamis (15/4).

Pelaksanan vaksinasi Covid-19 tahap II diawali oleh Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, dan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara dan diikuti Wadan Lantamal IX, para PJU Lantamal IX, para Kasatker serta seluruh prajurit dan PNS Lantamal IX.

“Vaksinasi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dan keputusan dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit nomor: HK.02.02/4/423/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam upaya pecegahan dan percepatan penanganan Covid-19 khususnya di wilayah kerja Lantamal IX dan Maluku pada umumnya,” jelas pihak Dispan Lantamal IX Ambon dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Kamis (15/4).

Walaupun demikian perlu diingat, bahwa meskipun telah divaksinasi prajuret dan PNS harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan mematuhi 3M yakni memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin.

Baca Juga: Baru 27.451 Lansia dan Pelayan Publik  Divaksin

Vaksinasi tahap II tersebut dilaksanakan oleh tim kesehatan Rumkital dr F X Suhardjo diawali dengan pemeriksaan rapit test antibody, selanjutnya pendataan diri dengan menunjukan kartu yang diberikan pada vaksinasi tahap 1.

Selanjutnya dilakukan prose screening dan penyuntikan vaksin, kemudian para peserta beristirahat selama 30 menit untuk observasi efek dan reaksi dari vaksin yang telah disuntikan, baru kemidian diserahkan kartu tanda vaksinasi Covid-19 sebagai bukti telah melaksanakan vaksinasi tahap kedua. (S-21)