AMBON, Siwalimanews – Keluarga Pra Sejahtera (KPS) boleh berlega. Bagaimana tidak, PLN memberikan penyambungan listrik gratis melalui program PLN peduli. Setidaknya, 600 KPS yang tersebar di Provinsi Maluku dan Malut mendapatkan penyambungan listrik gratis itu dari PLN.

Penyambungan listrik kepada 600 KPS ini dengan nilai Rp 443.100.000 diperoleh dari penyaluran donasi dalam gelaran PLN virtual charity run and ride (VCRR) 2020. “Terimakasih kepada seluruh peserta PLN VCRR serta program PLN peduli, saya mewakili warga Dusun Waihata atas, mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan sambungan listrik gratis yang diberikan ini,” ungkap Sekretaris Desa Waihata, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Kias Be­huku saat mendampingi warganya dalam penyerahan secara simbolis bantuan tersebut.

Sementara itu, Akhsan, salah satu peserta PLN VCRR yang ikut hadir dalam penyerahan bantuan itu juga menyampaikan rasa gembiranya karena dapat berkesempatan lang­sung memberikan bantuan hasil parti­sipasinya dalam kegiatan tersebut.

“Terimakasih PLN yang telah se­lenggarakan kegiatan PLN VCRR kemarin. Alhamdulillah hasil keringat saya dapat berdampak langsung kepada mereka yang membutuhkan listrik. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi seluruh warga yang menerima khususnya di Dusun Waihata atas ini,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara Romantika Dwi Juni Putra mengaku, dari hasil kegiatan PLN VCRR 2020 tercatat berhasil mengumpulkan do­nasi sebesar Rp 443.100.000 yang di­sa­lurkan kepada 600 KPS yang ter­sebar di Maluku dan Maluku Utara.

Baca Juga: Satgas Tertibkan Santa Claus Carnaval

“Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta PLN VCRR 2020 yang sa­ngat antusias. Hasil kegiatan yang rekan-rekan semua ikuti kini menjadi senyum benderang bagi saudara-saudara kita di Maluku dan Maluku Utara yang dapat langsung merasa­kan manfaat listrik bagi kehidupan sehari-harinya,” ujar Romantika dalam rilisnya yang diterima Siwa­lima Rabu (9/12).

Kegiatan ini kata dia, merupakan rangkaian dari peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75, PLN VCRR 2020 adalah ajang donasi melalui olahraga yang telah disele­ng­garakan pada 16 Oktober-1 November 2020 lalu yang diseleng­garakan secara virtual, ajang ter­sebut dapat diikuti dimana saja di seluruh nusantara.

Setiap kilometer dalam berlari dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40.000,- dan sepeda sebesar Rp 35.000. Nominal tersebut digunakan untuk biaya penyam­bungan listrik rumah masyarakat pra sejahtera yang tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA.

“Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN de­ngan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam data terpadu ke­sejahteraan sosial (DTKS) Kemen­sos,” ucapnya.

Untuk diketahui bersamaan de­ngan kegiatan sambungan listrik, juga telah dilakukan di Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Banten, Jawa Tengah, NTT serta Papua dan Papua Barat. (Cr-5)