NAMLEA, Siwalimanews – Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim di Indonesia. Bulan Ramadan juga dimanfaatkan bagi berbagai kalangan untuk berbagi.

Sehingga, di beberapa tempat seringkali ditemui takjil gratis yang disediakan oleh orang yang ingin berbagi di bulan Ramadan.

Bagi umat Muslim, memberi makanan atau minuman bagi orang lain yang hendak berbuka puasa menjadi kewajiban meskipun hanya seteguk air.

Seperti halnya yang dilakukan para wartawan di Kota Namlea, Kabupaten Buru dengan membagikan takjil kepada masyarakat di dalam kota pada Rabu (5/04/2021).

Ratusan kotak nasi dan air mineral serta es buah diberikan kepada pejalan kaki, penguna sepeda motor, pengayuh becak, serta masyarakat yang ditemui di jalanan dan pasar.

Baca Juga: Besok,  Pemkot Gelar Safari Ramadhan

Selain bagikan Takjil, warga juga dibagikan masker dengan pesan agar selalu menjaga protokol kesehatan, terapkan 3M.

Lili Ohorella, salah satu wartawan senior di Maluku, di sela-sela kegiatan itu menjelaskan,  memberi makanan secara gratis pada bulan Ramadan banyak dikenal dengan istilah memberi takjil, baik berupa makanan ringan ataupun nasi. Tujuan utamanya pun adalah demi membatalkan puasa yang telah dikerjakan selama seharian penuh.

Rekan-rekan wartawan juga sudah niatkan untuk berbagi di Bulan Suci Ramadan ini. M dalam keeeeeadaan pandemik Covid 19  seoohjikperti ini mungkin banyak orang yang tidak bisa kemana-kemana. “Olehnya itu rekan-rekan berbagi sedikit menu buka puasa untuk masyarakat,”ucap Lili Ohorella.

Di dalam ajaran agama Islam sendiri, seperti dikutip Lili Ohorella  dari Buku Saku Sukses Ibadah Ramadhan yang diterbitkan LTN PBNU, mengajarkan, bahwa orang yang memberi buka puasa dapat memperoleh pahala layaknya orang yang berpuasa tersebut.

“Zaid bin Khalid Al-Juhani ber­kata bahwa Nabi Muhammad ber­sabda, “Barang siapa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia menda­pat­kan seperti pahala orang yang berpua­sa, tanpa mengurangi pa­hala orang yang puasa sedikitpun,” tutur Lili Ohorella mengutip hadits H.R. Tirmizi.

Sementara itu Kareteker PWI Ka­bupaten Buru, Anto Rada menje­laskan,dalam rangka hari kebebasan pers sedunia yang jatuh setiap ta­nggal 3 Mei dan  dalam suasana pandemik, rekan-rekan wartawan menyisihkan sedikit rejeki untuk berbagi takjil di bulan ramadhan.

Ia juga berpesan agar masyarakat selalu menaati protokol kesehatan dan berharap agar Covid 19 segera berakhir. Usai berbagi takjil, Lili Ohorella dan rekan-rekan lanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat magrib berjamah. (S-31)