AMBON, Siwalimanews – Sejumlah kabupaten kota mulai melepas calon jemaah haji (CJH) dari daerah masing-masing untuk diberangkatkan ke tanah suci.

Di Kabupaten SBT CJH dilepas oleh Bupati Abdul Mukti Keliobas sebanyak 46 orang, di Kota Ambon dilepas Penjabat Walikota Bodewin Wattimena sebanyak 162 orang sedangkan dari Kabupaten MBD dilepas oleh Wakil Bupati Agustinus Kilikily sebanyak 3 orang.

Bupati Abdul Mukti Keliobas melapas 46 orang calon jemaah haji asal Kabupaten Seram Bagian Timur menuju ke tanah suci, Minggu (19/6)  mengatakan pelaksanaan ibadah haji beberapa tahun kemarin mengalami penundaan diakibatkan Covid-19 yang melanda hampir seluruh Dunia. Maka kita patut kepada Allah Swt, karena Bapak/Ibu diberikan kesempatan untuk kembali menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

“Haji adalah ibadah fisik dan jiwa, selain jiwa harus ikhlas karena Allah, fisik pun harus mendukung untuk melaksanakan ibadah mulia ini, oleh karena itu seyogyanya setelah tiba di tanah suci, saudara dapat menjaga kesehatan dengan baik, demi merampungkan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci,” terang Keliobas.

Ia juga berpesan agar selalu menjaga kebersamaan, dalam satu regu maupun satu rombo­ngan, jaga kekompakan, kehar­monisan, ikuti kata ketua regu atau ketua kelompok, dan jangan ada keinginan memisahkan diri.

Baca Juga: BNPP Pantau 222 Lokasi Prioritas Kawasan Perbatasan

Selain itu, pemerintah daerah berkomitmen untuk secara terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan ibadah haji dengan baik secara kuantitatf maupun kualitatif.

“Secara kuantitatif, pemda akan terus memperjuangkan tamba­han kuota haji sehingga pada kita bisa mendapatkan tahun-tahun berikutnya penambahan kuota yang normal seperti tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sebelumnya juga Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena melepas CJH asal Kota Ambon sebanyak 162 orang untuk menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci Sabtu (18/6).

Walikota dalam sambutan mengatakan penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional yang menjadi tanggung jawab pemerintah secara berjenjang hingga tingkat daerah di bawah koordinasi Kemenag.

“Oleh sebab itu dalam pelaksanaannya dibutuhkan jaminan atas pelayanan, pembinaan, dan perlindungan yang baik agar setiap CJH dapat menjalankannya dengan tertib, aman, dan nyaman,” kata walikota.

Selain itu Pemkot Ambon memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji dapat terlaksana dan terlayani secara baik.

“Saya berharap fasilitas dan dukungan pemkot yang diberikan kepada CJH tidak dilihat dari besar atau kecilnya, namun sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemkot bagi warganya yang menjadi tamu-tamu Allah SWT, di tanah suci,” terangnya.

3 CJH MBD

Smeentara itu Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya juga melapas 3 orang CJH yang akan diberangkatkan ke tanah suci. Mereka masing-masing Muhamad Saad, Abdul Muis Komering dan Hermawati.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya calon jamaah haji MBD ke tanah suci,” kata Wakil Bupati MBD, Agustinus Kilikily saat melepas keberangkatan tiga calon jamaah haji, Jumat (17/6) kemarin. (S-09)