AMBON, Siwalimanews – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin dan ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan transit di Bandara Interna­sional Pattimura, Kota Ambon, Senin (28/11), sebelum menuju ke Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah dalam rangka kunjungan kerja.

Guna memberikan peng­amanan orang nomor dua di Indonesia itu, Polda Maluku  mengerahkan ratusan per­sonel. Mereka akan ditem­pat­kan pada ring satu, dua dan tiga bersama personel TNI dan unsur keamanan lainnya di area gedung transit VVIP Ban­dara Pattimura, Swissbell Hotel dan Rumah Sakit Umum Pu­sat Leimena Provinsi Maluku.

Di dampingi Kapolresta Ambon Kombes Raja Arthur Lumongga bersama Wakapol­resta Ambon dan Wakil Direk­tur Intelkam Polda Maluku, Kepala Biro Operasi Polda Ma­luku Kombes Asep Saepudin memimpin apel kesiapan peng­amanan.

Karo Ops meminta seluruh perso­nel yang dilibatkan dalam peng­amanan Wakil Presiden agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Saya harap rekan-rekan dapat melaksanakan pengamanan dengan sebaik mungkin, dan khususnya untuk rekan-rekan yang di tugaskan pada ring satu dan ring dua harus benar- benar dilaksanakan dengan maksimal. Sedangkan bagi rekan-rekan yang ada pada ring tiga boleh membawa senjata api, namun peng­gunaannya atas perintah koman­dannya di lapangan sesuai dengan kebutuhan dan konsisi yang ada di lapangan,” pintanya.

Baca Juga: Komisi IV Janji Tindaklanjuti Persoalan SMA Siwalima

Karo Ops mengingatkan, meski pengamanan sering dilakukan, namun para personel diminta untuk tetap fokus dalam menjalankan tugasnya.

“Jangan pandang enteng karena segala kemungkinan bisa terjadi saat transitnya bapak Wapres di Bandara Pattimura Ambon nanti siang. Saya minta jangan sampai naluri Polri kita ini hilang saat pelaksanaan pengamanan di lapa­ngan dan jangan sampai kita juga melakukan pengamanan ini terlihat tegang sehingga membuat masya­rakat pun ikut tidak nyaman atau terhambat dengan aktifitas peng­amanan yang kita lakukan nanti,” harapnya.

Disambut Gubernur

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin dan ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombo­ngan transit di Bandara Interna­sional Pattimura, Kota Ambon.

Dengan menggunakan Pesawat Khusus Boeing TNI AU B-737-400/A-7305  dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta, kedatang­an Wapres dan rombongan disam­but Gubernur Maluku Murad Ismail.

Selain gubernur, turut dalam penjemputan kedatangan Wapres, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen. TNI. Ruruh Aris Setyawi­bawa, Danlantamal IX Ambon, Brigjen. TNI (Mar) Said Latucon­sina, Kabinda Maluku  Brigjen TNI. Anton Irianto, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Wakil Ketua DPRD Maluku Azis Sangkala dan Kajati Maluku Edy­ward Kaban.

Rombongan kemudian beranjak menuju Gedung VIP Room bandara. Didepan gedung, Wapres disambut tarian Sawat Lenso yang diperaga­kan Sanggar Kayla.

Wapres dan rombongan kemudian menuju ruang VIP untuk istirahat. Dan pada pukul 14.46 WIT,  Gu­bernur dan Forkopimda melepas keberangkatan Wapres untuk bertolak menuju Kota Timika.

Pangdam Sambut

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI/ Pattimura Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa menyambut kedatangan Wakil Presiden (Wa­pres) RI KH Ma’ruf Amin beserta rombongan di Bandara Interna­sional Pattimura Ambon, Desa Laha, Senin (28/11/2022).

Kedatangan Wapres dan rom­bongan dengan menggunakan pesawat Boeing A 7305 disambut oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail beserta Istri, Kapolda Maluku beserta Istri, Danlanud Pattimura, Danlantamal IX/Ambon beserta Istri, Wakil Kepala Dprd Prov Maluku Azis Sangkala dan Kajati Maluku  serta Forkopimda Provinsi Maluku.

Sementara Wapres Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerjanya ke Papua didampingi Ny. Wury Ma’ruf Amin, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Muhammad Imam Aziz dan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Johan Tedja Surya.

Setelah transit beberapa saat di Ambon, Wapres beserta rombongan kemudian bertolak ke Jayapura sekitar pukul 14.45 WIT.

“Hari ini Pangdam beserta Forkopimda menjemput kedatangan Wapres RI KH Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin di Bandara Pattimura dan langsung menuju Jayapura, disini hanya transit,” kata Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo.

Kapendam menyebutkan dalam kunjungan kerja ke Papua, Wapres Ma’ruf Amin dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah wilayah di Papua.(S-10)