NAMLEA, Siwalimanews – Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi memastikan diri akan maju dalam pertarungan Pilkada Maluku dan siap melawan incumbent Murad Ismail di tahun 2024 nanti.

Kesiapan dirinya bertarung di Pilkada 2024, disampaikan Umasugi pada puncak peringatan HUT Kabupaten Buru ke-22 yang digelar di Halaman Kantor bupati, Kamis (14/10) pagi.

Berbicara lebih kurang 30 menit di hadapan ribuan tamu undangan yang hadir, Umasugi terlebih dahulu memaparkan sejarah lahirnya Kabupaten Buru dan berbagai program pembangunan yang telah dicapai selama 22 tahun berdirinya kabupaten itu.

Saat di ujung pidatonya, Umasugi memohon maaf kepada forkopimda dan menyampaikan keinginannya setelah nanti tidak lagi menjabat Bupati Buru.

“Mohon maaf bapak-bapak forkopimda, tentunya saya juga sudah berpikir setelah bupati apa,” ujar Umasugi.

Baca Juga: Kapolda Maluku Ikut Evaluasi PPKM Bersama Kapolri

Ia mengaku, akan membuktikan dirinya sebagai putra Bupolo yang belum tercatat dalam sejarah, bagaimana mampu memainkan peran dalam sebuah partisipasi politik di Maluku.

Pasalnya, dalam Rapimda Partai Golkar beberapa waktu lalu di Ambon, seluruh daerah mencalonkannya sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

“Dan itu saya respon dengan baik setelah melihat hasil survey,” tandas bupati dua periode itu.

Umasugi mengaku, sudah berjalan dari desa ke desa di semua pulau dan semua kabupaten telah disinggahi, guna melihat respon masyarakat, sebab ia dikenal sebagai gladiator politik, petarung yang tidak pernah mengenal kalah.

Walau telah berbicata selama 30 menit, Umasugi tetap merasa momen di puncak HUT Kabupaten Buru itu terasa masih kurang dan sangat singkat untuk diungkap tuntas, karena ini momennya singkat semua success story selama ia masih di DPRD lalu menjadi wakil bupati dan bupati dua periode.

Semua cerita sukses yang telah dilakukan sebagai wujud dan tanggungjawabnya kepada masyarakat Kabupaten Buru yang dicintainya

“Saya juga mendorong masyarakat untuk fastabiqul khairat, berlomba lomba untuk melaksanakan kebajikan dan kemajuan. Jangan kita terperangkap dengan berbagai isu fitnah dan lain sebagainya. Kita tetap Istiqomah untuk terus bergerak maju,” pesannya.

Mengakhiri sambutannya, Ramly mengatakan,kalau setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya, “Insya Allah masa saya sebagai bupati akan berakhir dan saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten buru yang selama ini mensuport, mendukung saya dalam berbagai hal, mendukung dalam berbagai aspek sehingga terjadi kemajuan yang kita rasakan sampai hari ini,”ujar Ramly.

Untuk diketahui, pada puncak Peringatan HUT Kabupaten Buru ke-22, Umasugi juga meresmikan beroperasi 29 tower Telkomsel yang baru selesai dibangun di pelosok desa-desa terpencil. Ia juga berkesempatan meresmikan Musollah yang telah selesai dibangun di kompleks Kantor Bupat.

Kegiatan puncak HUT itu juga diselingi dengan penyerahan bantuan kepada dua pondok pesantren, serta pembagian hadiah kepada para juara yang memenangkan sejumlah mata lomba olahraga dan kesenian dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten. (S-31)