AMBON, Siwalimanews – Mantan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu mengharapkan, akan lahir pemimpin baru bagi Maluku di Tahun 2024.

Harapan tersebut disampaikan Ralahalu kepada wartawan di tribun lapangan Merdeka Ambon, Rabu (17/8) usai mengikuti peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Ralahalu mengakui, hingga saat ini masih banyak persoalan-persoalan yang terjadi ditengah masyarakat di pelosok daerah yang belum ditangani oleh pemerintah daerah.

Persoalan tersebut diantaranya pendidikan, kesehatan maupun pembangunan masih banyak yang belum merata dan dirasakan masyarakat, padahal usia Provinsi Maluku telah memasuki 77.

Artinya, diusia yang sudah tidak muda lagi ini Pemerintah Provinsi Maluku harus dapat memper­hatikan semua kebutuhan pembangunan dan hak-hak dasar lainnya, agar Maluku dapat maju sejajar dengan daerah lain.

Baca Juga: Gedung Pastori II Sion Diresmikan

Dijelaskan, perayaan hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia dan Provinsi Maluku harus dijadikan sebagai momentum untuk membenahi begitu banyak persoalan yang hingga saat ini belum kunjung dituntaskan.

“Sebenarnya banyak sekali yang perlu baik pendidikan hingga pembangunan,” ujar Ralahalu.

Menurut Ralahalu, persoalan yang terjadi di Maluku memang merupakan tanggungjawab bersama semua elemen masyarakat, dan khususnya pimpinan daerah maka harus ada kerja sama supaya Maluku semakin hari makin baik.

Ralahalu juga berharap dalam momentum perhelatan pilkada Gubernur Maluku tahun 2024 mendatang, ada pemimpin baru yang dapat membawa Maluku lebih baik dari saat ini.

“Kita berharap 2024 ada pemimpin yang baru yang bisa memimpin Maluku lebih maju lagi dari seka­-rang ini,” tegas mantan Ketua DPD PDIP Maluku ini. (S-20)