AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon memastikan pelantikan raja Negeri Naku dilakukan pada awal Agustus sementara untuk Negeri Laha dan Urimessing menyusul.

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Pemerintahan dan Pelayanan Publik Pemkot Ambon sekaligus Ketua Tim Pendampingan Negeri, Pieter Saimima, kepada wartawan, usai mengikuti rapat bersama komisi I DPRD Kota Ambon, Selasa (12/7).

Selain Naku, Saimima juga menjamin September mendatang, proses pelantikan untuk raja Negeri Laha dan Urimessing sudah dapat dilaksanakan.

“Kita punya komitmen seperti Naku, dalam waktu dekat kita sudah bisa selesaikan. Hari ini kita ada pertemuan dengan Naku juga camat. Proses di Naku tinggal menunggu penyampaian mata rumah parentah. Pernegnya sementara disiapkan,” terang Saimima.

“Kita berharap Naku jadi cikal bakal dalam rangka memberikan suasan baru bagi kota ini, khusus bagi negeri-negeri yang lain. Dari 10 negeri, Naku mendahului. Muda-mudahan terlaksana sepanjang tidak ada masalah,” lanjut Saimima.

Baca Juga: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir & Kilat

Sementara Urmessing, tambah dia, proses penetapan mata rumah telah selesai dan Jumat nanti pelantikan saniri negeri bersama PAW dari saniri Negeri Passo, Laha dan Batu Merah yang sebelumnya sempat tertunda.

“Dari tiga negeri itu, Perneg Urmessing sudah siap. Muda-mudahan dalam waktu dekat setelah pelantikan saniri, Perneg bisa dibahas dan ditetapkan, sehingga proses untuk mendapat raja definitif bisa terlaksana,” tuturnya.

Sedangkan untuk Batu Merah dan Passo, Pemkot tetap menunggu keputus­an pengadilan. Dan bagi Negeri-negeri yang lainnya, tetap berproses. Yang mana setelah Urmessing, Naku dan Laha, karena tiga Negeri ini yang menjadi target Pemkot, selesai pada September mendatang.

Saimima menambahkan, untuk negeri lain, seperti Hative Besar, Ta­wiri, Seilale, Amahusu, dari beberapa diantaranya, Sanirinya siap, tinggal masalah mata rumah.

“Prinsipnya, kita kerja maksimal,” ujarnya. (S-25)