AMBON, Siwalimanews – Mantan Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal Jeffry A Rahawarin yang kini naik jabatan sebagai Pangkogabwilhan III di Mabes TNI di Cilangkap belakangan ini tengah menjadi buah bibir masyarakat Maluku.

Bagaimana tidak, dengan waktu singkat putra asal Kepulauan Kei Provinsi Maluku ini mendapat promosi jabatan strategis secara berturut turut yakni Pangdam XVI/Pattimura dan Pangkogabwilhan III.

Tak hanya itu, komitmen Raha­-warin untuk memperjuangkan putra putri daerah Maluku dan Maluku Utara untuk menjadi Pra­-jurit TNI AD, tidak hanya omongan semata. Hal tersebut dilihat dari seorang pemuda Kepulauan Manipa yakni M Rizal Talapuka dinyatakan lolos dan menjadi taruna Akademi Militer (Akmil).

Torehan ini merupakan dorongan Jeffry A Rahawarin semasa menjabat Pangdam Pattimura, yang bekerja dibawah semboyan “kerja cepat, kerja rajin, kerja ulet” dan menjamin warga di daerah wilayah binaannya mampu menjadi Taruna maupun prajurit TNI.

Melalui surat terbuka yang dibacakan oleh masyarakat Kepulauan Manipa, orang tua Rizal, ibu Sehatuna tidak menyangka dengan hal ini dan bersyukur serta berterima kasih khususnya kepada Jeffry Rahawarin.

Baca Juga: Sinode Jamin Pemilihan Rektor Sesuai Aturan GPM

“Saya sangat berterima kasih kepada pak Jeffry atas perhatian dan kepedulian kepada kami sebagai warga kurang mampu. Anak kami yang sejak umur lima tahun sudah yatim ini bisa lolos menjadi taruna Akmil”, ujarnya.

Tak hanya orang tua taruna Akmil, tokoh masyarakat Kepulauan Manipa, Muhammad Saleh Talakuka turut mengapresiasi apa yang telah dilakukan Rahawarin. Menurutnya, image di masyarakat yang selama ini mendaftar menjadi TNI mengeluarkan banyak biaya namun hal itu dipatahkan dan terbukti di keluarga Rizal.

Hal ini tentunya dapat menum­buhkan semangat dan motivasi pemuda pemudi bukan hanya di Kepulauan Manipa tetapi juga di Maluku dan Maluku Utara untuk mengabdi menjadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. (S-45)