AMBON, Siwalimanews – Putus penyebaran Covid-19 yang semakin genjar merebak pemerintah Kota Ambon minta masyarakat bersinergi memeranginya.

“Harus ada kolaborasi lima elemen atau pentahelix, yang didalamnya terdapat Pemerintah, media massa, dunia usaha, akademisi, dan episentrumnya ada di masyarakat,” kata Sekretaris Kota Ambon, AG Latuheru.

Latuheru mengungkapkan, sinergitas tersebut harus terus dijalankan. Sebab menurutnya apabila proses tersebut tidak dijalankan dengan baik, maka usaha pemerintah terkesan sia-sia dalam memberantas tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Jika empat elemen (peme­rin­tah, dunia usaha, media massa, akademisi) telah berkolaborasi dengan baik, namun elemen masyarakat masih masa bodoh, ini namanya percuma saja kan,” kata Latuheru.

Olehnya itu, tanggung jawab semua pihak dalam memberantas penyebaran Covid-19 sangat dibutuhkan penerapan protokol kesehatan (Prokes), juga menjadi satu hal yang tidak boleh diabaikan.

Baca Juga: Dishub Segera Rampingkan Trayek Angkot

“Kalau lima elemen yang disebut pentahelix ini dapat berkolaborasi dengan baik, otomatis kita punya peluang besar terbebas dari corona serta penerapan prokes,” jelasnya.

Latuheru menambahkan, saat ini Satuan Tugas Covid-19 Kota Ambon, sedang berupaya dengan sekuat tenaga, untuk menekan angka corona, dengan cara gencar melakukan operasi yustisi prokes.

“Doa dan kerja sama dari mas­yarakat sangat kami butuhkan. Jika warga semakin hari, terus meningkatkan kesadaran dalam menerapkan prokes, sudah barang tentu target untuk beranjak dari zona orange ke kuning dapat kita capai secepatnya,” tutup. (S-52)