DOBO, Siwalimanews – Puskesmas Siwalima Dobo, mengelar sosialisasi pencegahan Covid-19 dan new normal atau adaptasi kebiasaan baru di Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

Kepala Puskesmas Siwalima Dobo, Hadijah Hasim dalam sosialisasi itu menjelaskan, ada 11 gejala baru Covid-19, diantaranya, demam, batuk, sesak napas, kelelahan, tubuh terasa sakit, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, sakit tenggorokan, pilek/hidung tersumbat, mual dan diare.

Sementara di kehidupan adaptasi kebiasaan baru, yang wajib dijalani yakni, gunakan masker, sarung tangan, masker kain cadangan untuk diganti, perbanyak minum vitamin C, tisu basah, tisu kering, helem, buku catatan dan alat tulis pribadi, alat makanan/minuman pribadi, sabun cair, cairan disinfektan.

“Kebiasaan dan barang-barang tersebut harus dibawa dan disediakan masing-masing, baik pribadi maupun keluarga,” ujarnya.

Selain itu, kata Hasim, dalam proses adaptasi kebiasaan baru juga, yang harus diperhatikan adalah, saat kembali ke rumah, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum mandi.

Baca Juga: Rotan Jadi Simbol Kedisiplinan & Edukasi Protokol Kesehatan

Kemudian pakaian dan masker di cuci dengan deterjen dan jangan menggantungkan pakaian dan masker yang telah dipakai di luar rumah, kemudian bersihkan handphone, tas, benda lain dengan disinfektan.

“Tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Jaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama,” tuturnya.

Hal ini, menurut Hasim, perlu untuk saling mengingatkan baik kepada masyarakat maupun keluarga agar selalu mematuhi protokoler kesehatan, yaitu selalu memakai masker, sering mencuci tangan dan saling menjaga jarak.

Sementara itu, Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf Doddy Mesaoy dalam arahaannyaa mengatakan, persoalan pandemi Covid-19 sangat mengganggu tatanan kehidupan sosial masyarakat termasuk perekonomian negara, sehingga berbagai kebijakan pemerintah membuat berbagai aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan termasuk protokol kesehatan untuk harus dilaksanakan oleh semua masyarakat. (S-25)