DOBO, Siwalimanews – Puksesmas Dobo kini mulai gencar melakukan sosialisasi tentang vaksinasi ke masyarakat.

Kepala Puskesmas Dobo Maria Karemy mengaku, sosialisasi yang dilakukan pihaknya ini, merupakan bagian dari bentuk edukasi ke masyarakat, agar mereka tidak takut ketika divaksin, sebab banyak informasi yang tidak tertanggung jawab terkait dengan vaksinasi beredar luas, membuat masyarakat menjadi takut dan lain sebagainya.

“Sosialisasi ini kami terus gencar lakukan hingga ke tingkat RT se-Kelurahan Galay Dubu, sesuai dengan lingkup wilayah kerja kami. Ini juga untuk tingkatkan peran serta sejumlah elemen untuk mengedukasi masyarakat agar mau divaksin,” jelas Karemy kepada wartawan di Dobo, Rabu (2/6).

Menurutnya, masyarakat tidak perlu takut menerima vaksin, karena pemerintah sudah menjamin vaksin aman, sehat dan halal. Selain itu pencanangan vaksin juga sudah dilakukan untuk tenaga kesehatan dan pelayanan publik dan hasilnya pun tidak menimbulkan efek negatif.

Sosialisasi vaksinasi di sejumlah RT Kelurahan Galaydubu dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Dobo, melibatkan lintas sektor yang ada di Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

Baca Juga: ASN Inspektorat dan Dinsos Bursel Jalani Vaksinasi

Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi yang sama di desa-desa binaan Puskesmas Dobo, bahkan saat ini sementara diupayakan untuk melaksanakannya di lingkungan RT se-Kelurahan Galaydubu.

“Besar harapan saya agar masyarakat disetiap RT pada Kelurahan Galaydubu bisa sehat semua. Saya juga himbau agar kita tetap jalankan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” himbaunya. (S-25)