DOBO, Siwlaimanews – Puskemas Siwalima menggelar sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 kepada ketua-ketua RT se-Kecamatan Nusaniwe, Rabu (24/2).

Kegiatan yang digelar disalah satu café ini bertajuk Bincang Basmi Covid-19 yang mengusung tema Bersama Basmi Covid-19 dengan Mendukung Pelaksanaan Vaksinasi itu dibuka oleh Camat Pulau-Pulau Aru, Roberthus Ngebursian.

Camat saat membuka kegiatan itu mengatakan, Covid-19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas, ringan hingga sedang, seperti flu.

“Siapa pun dapat terinfeksi virus ini. Bagi bayi dan anak kecil, serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, lebih rentan terhadap serangan virus ini. Selain itu, kondisi musim juga mungkin berpengaruh,” ujarnya.

Disamping itu kata dia,  seseorang yang tinggal atau berkunjung ke daerah atau negara yang rawan virus ini juga, berisiko terinfeksi. Virus ini bisa menimbulkan beragam gejala pada orang yang mengidapnya.

Baca Juga: Brimob Maluku Gelar Apel Siaga SAR  

Cara untuk membasmi virusini yakni  dengan melakukan vaksinasi. Untruk itu pemerintah telah merencanakan agar warga kecamatan ini akan divaksin pada bulan Maret.

“Dengan dilakukan kegiatan ini, saya ajak kita semua bersatu dan menggalang komitmen untuk sukseskan program vaksinasi covid-19,” ajaknya.

Sementara itu, dokter Karina Wirajaya saat membawakan materinya mengatakan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, maka masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan (3M) secara mandiri, dan harus divaksin.

“Vaksin ini sangat berguna untuk membentuk antibodi dan berguna dalam jangka waktu yang panjang, sehingga tidak ada alasan untuk tidak divaksin, terkecuali mereka yang dikategorikan telah reaktif, atau mereka yang mempunyai penyakit yang secara medis tidak bisa divaksin,” ujarnya.

Selain itu kata dia, seseorang yang telah divaksin juga, harus tetap menerapkan protokol kesehatan, demi melindungi dirinya dari Covid-19.

“Jadi, kalau kita sudah divaksin tidak dibenarkan untuk kita abaikan protokol kesehatan. Kuncinya adalah, pakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan jaga jarak, sehingga kita terhindar dari virus yang membahayakan ini,” himbaunya.(S-25)