MASOHI, Siwalimanews – Puluhan kendaraan terjaring dalam Operasi Patuh Siwalima 2020 yang mulai di gelar Satlantas Polres Malteng, Jumat (24/7).

Operasi Patuh yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini, mulai dilaksanakan 23 Juli dan akan berakhir pada 5 Agustus mendatang.

Kasat Lantas Polres Malteng, AKP Denny Sandera mengatakan, Ops Patuh Siwalima yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan ketertiban laluintas serta mengurangi tingkat kecelakaan dan menjaga keselamatan masyarakat dalam berlalulintas akan dilakukan dengan ketat tanpa memberikan toleransi kepada pelanggar lalin.

“Ini memang dilakukan serentak diseluruh Indonesia. Kita lakukan untuk meningkatkan tertib lalulintas, mengurangi tingkat lakalantas serta menjaga keselamatan masyarakat dalam berlalulintas,” ucap kasat.

Dijelaskan, dalam operasi yang mulai berlangsung, hari ini, Jumat (24/7) di Masohi, pihaknya menemukan puluhan pelanggar yang langsung diberikan sanksi berupa e-tilang.

Baca Juga: Warga Leksula Merasa Dianaktirikan Pemerintah

“Ada kurang lebih 20 kendaraan kita tilang baik itu kendaraan roda dua maupun empat. Tentu kami berharap dalam masa operasi patuh ini, kesadaran masyarakat dapat ditingkatkan dan tidak ditemukan lagi adanya pelanggar lalin,” ujarnya.

Ia mengaku, tingkat kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Malteng terutama di Masohi dan kecamatan terdekat masih tergolong tinggi. Olehnya diharapkan melalui operasi kali ini, tingkat kesadaran penguna jalan baik kendaraan roda dua maupun empat dapat meningkat, sehingga mampu mengurangi tingkat kecelakaan lalin yang asih kerap terjadi.

“Tingkat lakalantas di Masohi dan sekitarnya memang masih tergolong tinggi bahkan tak jarang dari kecelakaan itu banyak diantaranya kehilangan nyawa. Pada dasarnya memang tidak ada setiap orang yang ingin dapat musibah dalam berkendara, namun musibah itu sendiri kadang menghampiri kita akibat kurangnya kesadaran dalam berkendaraan.

“Untuk itu kami berharap Ops ini mendapat perhatian guna meningkatkan kesadaran kita bersama dalam berkendara di jalan raya. Dengan begitu kita dapat menjaga keselamatan diri maupun orang lain,” ucapnya.

Pantauan Siwalimanews saat operasi yang dipusatkan di jalan Abdulah Soulissa, terlihat pemeriksaan kendaraan dilakukan dengan ketat, mulai dari kelengkapan kendaraan, pengunaan helm dan lain sebagainya.

Kegiatan yang berjalan mulai pukul 15.00-16.00 WIT itu tidak mengakibatkan kemacetan, namun berjalan lancar dan berhasil menjaring puluhan kendaraan bermotor,t erutama kendaraan roda dua. (S-36)