AMBON, Siwalimanews – Pentingnya kesehatan gigi dan mulut untuk keberlangsungan hidup sehat, digalakan Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Cabang Maluku.

Sosialisasi yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Maluku, DPD PTGMI yang dinahkodai Andi Arifin, mengajak masyarakat khususnya siswa dan anak untuk mengetahui bahaya carries atau gigi berlubang.

Untuk kota Ambon sendiri kegiatan dipusatkan di Mts Nurul Tsaqalain Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (5/2).

Bakti sosial yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan menyambut musyawarah daerah PTGMI Maluku yang akan berlangsung pada awal Maret mendatang.

Ketua Panitia Pelsana Kegiatan Sumiati kepada wartawan menjelaskan, gagasan sosialisasi pentingnya kesehatan gigi dan mulut dipilih, lantaran PTGMI melihat masih rendah pengetahuan siswa tentang tata cara merawat kebersihan gigi dan mulut serta bahaya yang dapat ditimbulkannya.

Baca Juga: Peroleh Asimilasi, Satu Napi Lapas Ambon Kembali Dirumahkan

“Kegiatan ini secara serentak dilakukan di KKT, Bursel, Tual dan Maluku Tengah (Masohi). Kenapa kita pilih kegiatan sosialisasi ini, sebab kesadaran masyarakat Maluku terkhusus siswa atau anak masih rendah, padahal ada konsekuaesi atau bahaya yang ditimbulkan ketika kesehatan gigi dan mulut tidak diperhatikan,” jelas Sumiati.

Dalam kegiatan sosial ini, PTGMI mengusung tema Bersama PTGMI DPD Maluku kita wujudkan Indonesia bebas Caries 2030. Kegiatan diawali dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, cara menyikat gigi yang baik dan benar serta waktu yang tepat dalam menyikat gigi, juga tentang bahaya lubang gigi dalam proses tumbuh kembang anak usia sekolah.

“Kegiatan ini kita gagas dengan harapan meningkatkan kesadaran siswa untuk menjadi agen perubahan pola tingkah hidup, minimal dalam keluarga tentang pentingnya memelihara kebersihan gigi dan mulut, sehingga visi indonesia bebas caries 2030 dapat kita wujudkan bersama di Maluku,” harapnya. (S-10)