AMBON, Siwalimanews – PT Sumber Daya Wahana (SDW) meru­pakan salah satu perusahaan perke­bunan yang bergerak pada komoditi kakao dibawah Olam Internasional Ltd. dengan total pekerja sebanyak 500 orang. peru­sahaan ini berada Kepulauan Se­ram, tepatnya pada Desa Siatele, Ke­camatan Seram Utara, Kabupa­ten Maluku Tengah.

Dalam operasionalnya selama 7 (tujuh) tahun, PT SDW memiliki komitmen untuk turut berperan memajukan pereko­nomian masyarakat dan mendu­kung agenda pemerintah dalam mewujudkan pengem­bangan dan pembangunan daerah.

“Komitmen kami untuk tumbuh ber­sama masyarakat adalah yang terpenting saat ini, mengingat bahwa kita meng­hadapi krisis Covid-19 bersama-sama. Dengan memanfaatkan jaringan dan tenaga ahli yang kami miliki, kami telah memberikan dukungan kepada kar­ya­wan, mitra dan juga kepada mas­yarakat berupa edukasi kesehatan dan juga alat-alat kesehatan untuk membantu para pekerja dan mitra kami yang terkena dampak,” jelas Bambang Eko, Plantation Manager, PT Sumber Daya Wahana dalam ri­lis­nya kepada Siwalima, Rabu (10/6).  

Di masa-masa penuh gejolak ini, katanya, PT SDW melakukan segala upaya untuk mendukung pemerin­tah dalam tetap mem­buka lapangan kerja, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam operasional perke­bunan.

Perusahaan juga turut berparti­sipasi dalam memberikan dukungan secara langsung dalam menghadapi situasi pandemi saat ini di wilayah timur Indonesia, melalui penyaluran donasi berupa 150 hazmat suits, 15,000 masker dan 100 face shield ke Instansi kese­-hatan di dua daerah ber­beda  yaitu, RSUD Dr. M. Haulus­sy-Ambon dan Gugus Tugas Covid-19 Maluku Tengah melalui Dinas Kesehatan Maluku Tengah, untuk diteruskan ke RSUD Masohi.

Baca Juga: Tambah 17, Total Pasien Covid-19 Jadi 299 Orang

“Bantuan ini merupakan hasil donasi kolektif karyawan perusa­haan dan akan didistribusikan ke­pada para petugas medis di wilayah Ambon dan Masohi guna mendu­kung dan melindungi me­-reka selama bertugas merawat pasien Covid-19,” katanya.

Direktur RSUD Dr. M. Haulussy-Ambon, Ritha Tahitu mengucap terima kasih atas bantuan dari PT SDW yang fokus membantu penyediaan kebutuhan alat pelindung diri bagi tenaga media.

“Kami berterima kasih atas kemu­rahan hati dan bantuan dari PT Sumber Daya Wahana, yang fokus membantu penyedia­an kebutuhan sangat krusial yaitu alat pelindung diri bagi kalangan petugas kese­ha­tan di Indonesia saat ini. Kami ber­harap dapat terus bekerja bersama untuk menjaga masyarakat Indonesia.”

Pada tingkatan Nasional, Olam Inter­nasional Ltd. sebagai induk perusahaan PT Sumber Daya Wa­hana telah mengambil beberapa langkah inisiatif dalam men­dukung masyarakat dan mitra bisnis dalam menghadapi pandemi Covid-19 di berbagai daerah, termasuk Suma­tera, Jawa, dan Sulawesi. Antara lain: Sekitar US $150,000 (Rp2,3 miliar) telah disalurkan untuk mendukung lebih dari 393,000 komunitas petani, karyawan Olam, dan masyarakat sekitar dimana Olam ber­operasi selama masa pandemi ini.

“Secara proaktif telah menjangkau dan mengedukasi mitra petani kami dengan informasi tentang Covid-19 melalui platform seluler dan digital termasuk SMS, OFIS (Olam Farmer Information System) dan Olam Direct. Lebih dari 60,000 petani kakao dan kopi telah terdaftar di jaringan digital kami,” tutur Bambang.

Mengubah pusat pelatihan Olam Cocoa di Luwu Utara, Sulawesi Se­latan menjadi fasilitas karantina dae­rah serta menye­diakan kebutuhan sehari-hari bagi mas­yarakat bersta­tus orang dalam pengawa­san (ODP). Me­nyediakan disinfektan di area peru­mahan sekitar wilayah operasi manufacturing BT Cocoa di Tangerang.

Di tingkat operasional bisnis, Olam Internasinal Ltd. telah mema­tuhi sepenuh­nya pedoman peme­rintah dalam meng­hadapi pandemi ini dalam rangka melin­dungi karya­wan beserta keluarganya. Hal ini termasuk pelarangan mudik bagi kar­yawan selama liburan Idul Fitri tahun ini.

“Kami telah menerapkan rotasi kerja shift bergilir dan juga work from home di fasilitas pabrik, kantor maupun perwa­kilan unit kami diseluruh Indonesia. Untuk staf kami yang tidak dapat be­kerja dari rumah, kami telah me­nerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang disiplin sesuai dengan arahan pemerintah, seperti penerapan social distancing di unit kerja kami, mewa­jibkan memakai hand-sanitizer dan masker di seluruh unit ter­maksud PT Sumber Daya Wahana,” kata Bambang.

PT Sumber Daya Wahana akan terus bekerja sama dengan masya­rakat dan pemerintah dalam mengha­dapi Covid-19.  “Terima kasih yang terda­lam untuk para tenaga medis profesional serta seluruh pekerja lainnya yang menjadi garda terdepan di Indonesia atas segala upaya yang tak kenal lelah dalam perjuangan ini. Bersama kita bisa,” tegasnya. (S-19)