AMBON, Siwalimanews – Jumlah kasus positif orang terpapar Virus Corona di Kota Ambon terus bertambah. Pemba­ta­san Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi tahap II belum dapat meredam laju penyebaran virus mematikan ini.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang menyebutkan, angka positif Covid-19 di Maluku, Selasa (4/8) ber­tambah 11 kasus, dan semuanya itu berasal dari Kota Ambon.

“Jadi hari ini ada penambahan 11 kasus positif, semuanya dari Kota Ambon,” jelas Kasrul dalam rilis yang diterima Siwalima, tadi malam.

Positif terkonfirmasi dari Kota Ambon, lanjut Kasrul, masing-masing laki-laki inisial SLN (27), laki-laki inisial GS (30), perempuan inisial JM (49), perempuan inisial COH (34), dan perempuan inisial RU (36).

Selanjutnya, perempuan inisial MLP (52), perempuan inisial IS (27), laki-laki inisial SH (56), pe­rempuan inisial SKE (54), perem­puan inisial NP (53) dan laki-laki inisial MS (70).

“Dengan begitu jumlah positif di Kota Ambon menjadi 809 kasus, 544 pasien dinyatakan sembuh dan 17 meninggal dunia,” terang Kasrul.

Selain penambahan kasus, ada juga 5 pasien di Kota Ambon dinyatakan sembuh. Mereka masing-masing pasien nomor 947 perempuan inisial HK, 950 perempuan inisial CEP dan no­-mor 951 perempuan inisial IKP,

Kemudian nomor 952 laki-laki inisial GJL, 954 perempuan inisial FEP dan  980 laki-laki inisial MAW.

ODP Turun

Jumlah orang dalam peman­tauan (ODP) menurun, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) di Maluku tidak mengalami pe­rubahan.

Sampai dengan Selasa (4/8) jumlah ODP 395 orang, masing-masing Kota Ambon sebanyak 384 orang dan Kabupaten Maluku Tengah 11 orang. Sedangkan jumlah PDP 96 orang, terdiri dari Kota Ambon sebanyak 93 orang dan Kabupaten Malteng 3 orang.

Kasrul menambahkan, pena­nga­­nan medis dilakukan pada be­berapa rumah sakit maupun tem­pat karantina sebagai berikut, RSUD dr. M. Haulussy ada 21 orang terdiri dari 7 PDP, dan 14 pasien terkonfirmasi, Rumkit Tk. II dr. J. A. Latumeten ada  1 pasien ter­konfirmasi, RSAL dr. F. X. Suhardjo ada 14 pasien terkonfir­masi, RSUP dr. Johanes Leimena ada 1 pasien terkonfirmasi.

Selanjutnya BPSDM Provinsi Maluku ada 30 pasien terkonfir­masi, Rumah Sakit Bhayangkara ada 5 orang terdiri dari 3 PDP dan 2 pasien terkonfirmasi dan Balai Diklat Pertanian-Waiheru ada 16 pasien terkonfirmasi. (S-39)