AMBON, Siwalimanews – Guna mewujudkan tri dharma perguruan tinggi serta memperkokoh peranan Politeknik Kessehatan Kemenkes Maluku, dalam mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, maka para dosen Program Studi Keperawatan menyambangi SMPN 3 Ambon.

Kedatangan para dosen Prodi Keperawatan Kemenkes Maluku ke SMPN 3 Ambon, Sabtu (3/12) tersebut, guna melaksanakan program pengabdian masyarakat.

Kepada Siwalimanews disela-sela jalannya program tersebut para dosen keperawatan Poltekkes Maluku ini menjelaskan, masa remaja adalah masa yang unik dan dipenuhi oleh banyak perubahan besar, baik secara fisiologis maupun psikologis.

“Mulai dari perubahan tubuh memasuki masa pubertas, perubahan dalam pergaulan, perkembangan otak dan juga perubahan emosional dan berpotensi menimbulkan permasalahan. Masa dimana mereka sudah mulai memperhatikan penampilannya ini, membuat mereka ingin selalu tampil sempurna,” ujar para dosen.

Menurut mereka, pada masa puber, dimana perubahan hormon terjadi, membuat perubahan pada tubuh anak-anak remaja, seperti munculnya jerawat, berkeringat yang berlebihan, perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pohon Tumbang Sempat Tutup Akses Jalan di Lateri

Untuk itu civitas akademika Prodi Keperawatan Ambon Poltekkes Kemenkes Maluku, memiliki kepedulian serta kewajiban untuk berperan aktif guna menjawab permasalahan yang timbul pada anak remaja, dengan memberikan kegiatan pelatihan fisik berupa senam.

“Senam memiliki segudang manfaat untuk tubuh. mulai dari menjaga stamina, mengendalikan berat badan, membantu pertumbuhan tulang dan otot juga menyehatkan otak dalam menunjang fungsi kognitif anak, termasuk kemampuan berpikir, kemampuan fokus/konsentrasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, mengingat, hingga mengambil tindakan,” jelas para dosen.

Sasaran senam yang dilakukan para dosen Prodi Keperawatan Ambon, Tim KMB dan keluarga, bukan hanya ditujukan kepada para siswa, namun juga ditujukan kepada para dewan guru, berupa senam anti hipertensi dan senam persendiaan.

Setelah senam, dilanjutkan dengan penyuluhan untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang luas dalam tata cara pembinaan dan pendidikan anak di usia remaja. Penyuluhan yang diberikan berupa personal hygiene yang dilakukan tim dosen keperawatan anak, pendidikan kesehatan jiwa anak remaja oleh tim dosen keperawatan jiwa, penyuluhan rokok dan bahayanya oleh tim dosen KMB dan penyuluhan kesehatan reproduksi pada anak remaja yang dilakukan oleh tim dosen keperawatan maternitas.

Kegiatan penyuluhan berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan dipenuhi dengan interaksi yang penuh canda tawa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh mahasiswa Prodi Keperawatan Ambon dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Progam pengabdian masyarakat yang berlangsung di SMPN 3 Ambon dibawa sorotan tema Sehat dan Bugar Bersama Anak Remaja,  ini diharapkan akan menjawab permasalahan anak remaja.

Pada kesempatan itu, para dosen Prodi Keperawatan Ambon Poltekkes Kemenkes Maluku yang melaksanakan program pengabdian masyarakat ini, menyampaikan terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 3 Ambon beserta dewan guru, yang telah menerima mereka untuk menjalankan program ini di sekolah tersebut.(S-06)