AMBON, Siwalimanews – Presiden Dewan Eksekutif Nasional Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DEN KSBSI), Elly Rosita Silaban, melakukan kunjungan silahturahmi dengan menemui  Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, Rabu (21/4).

Kedatangan Presiden KSBSI ini, selain bersilahturahmi, sekaligus melakukan koordinasi terkait peringatan Hari Buruh Internasional yang akan jatuh pada 1 Mei mendatang.

Rosita Silaban dalam kunjungan tersebut mengatakan, peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei nanti, pihaknya akan melakukan kegiatan bakti sosial, penanaman pohon, pemberian santunan kepada anak yatim dan buka puasa bersama.

“Kami berharap dengan hadirnya KSBSI di sini bisa mengubah image, bahwa kami tidak mau dicap sebagai pembuat keonaran, tapi kami hadir sebagai unsur kolaborasi dengan aparat kepolisian, karena di zaman sekarang, apalagi pandemi tidak mungkin serikat buruh bekerja sendiri tanpa bantuan dari pihak lain,” ujarnya.

Rosita juga memberikan apresiasi kepada Polda Maluku atas kerjasama yang selama ini dibangun, menurutnya kerjasama yang baik antara KSBSI dan pihak Kepolisian di Maluku selama masa pandemi, seperti pembagian sembako, dan lain sebagainya akan dijadikan sebagai role mode bagi daerah lainnya.

Baca Juga: Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penembakan Warga Sirisori

Dengan demikian, polisi tidak saja berhadapan dengan masyarakat saat aksi demo dan sebagainya, tapi bisa dibuat dengan hal-hal positif seperti kerjasama yang terbangun seperti di Maluku ini.

“Kami akan menempatkan diri sebagai mitra yang bisa membantu, bukan hanya membuat tuntutan-tuntutan yang tidak jelas, tetapi bagaimana strategi kami berbeda dengan serikat buruh lain,” pungkasnya.

Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, menyampaikan dukungannya untuk kegiatan sosial yang digagas KSBSI.

Menurutnya, pandemi sampai saat ini, mengakibatkan banyak orang di PHK,  bukan saja di Maluku, tapi juga di seluruh Indonesia, bahkan di penjuru dunia.

“Sudah ada informasi dari Intel, Binmas dan Humas, bahwa akan ada agenda dalam rangka 1 Mei ini kegiatan yang baik dan kami akan komunikasi juga dengan perangkat-perangkat KSBSI. Saya kira pemerintah sudah gambil langkah-langkah untuk pemulihan ekonomi untuk masyarakat. Dengan silaturahmi ini kita dapat menukar informasi dan tetap ditingkatkan agar menjadi baik untuk kedepanya,” harap Kapolda. (S-45)