AMBON, Siwalimanews – Komandan Pangkalan Utama TNI AL IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, menyambut sekaligus membuka uji terampil glagaspur pangkalan satu dan dua.

Kegiatan yang diikuti seluruh prajurit dan PNS di Lingkup Lantamal IX itu dipusatkan di Markas Komando Lantamal IX Desa Halong Kecamatan Baguala, Kota Ambon yang diselenggarakan 24-26 Juni 2021.

“Penilaian P1 dan P2 adalah penilaian kemampuan prajurit yang menitik beratkan pada kemampuan tempur perorangan maupun kelompok atau beregu,” ucap pihak Dispen Lantamal IX dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (26/6).

Kegiatan itu, dipantau langsung oleh tim uji terampil komando latihan (Kolat) Koarmada III yang dipimpin Kolonel Laut (P) Baharudin Anwar, beserta 5 perwira dan  staf Koarmada III.

“Materi hari pertama uji terampil glagaspur P1/P2 meliputi, uji tulis, drill penaikan bendera, penempatan penjagaan, pergantian pengawal, jajar kehormatan, valreep dan PBB,” tandas pihak Dispen.

Baca Juga: Terpapar Covid, Warga Ambon Kembali Meninggal

Kesiapan teknis dan personel serta dukungan perangkat lunak dalam melaksanakan tugas pokok adalah tolak ukur hasil pembinaan latihan, guna mewujudkan pertahanan dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam mengawaki suatu pangkalan militer. (S-45)