AMBON, Siwalimanews – Sebagai salah satu garda ter­depan, TNI-AD dituntut harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal sehingga siap menjalankan amanat tugas dari negara, kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.

Untuk itu, hari ini, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, memim­pin apel gelar pasukan  terpusat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat yang diikuti oleh prajurit jajaran TNI AD di seluruh wilayah Indonesia secara virtual termasuk di Kodam XVI Pattimura.

Apel ini sendiri digelar dalam rangka mengecek kesiap-siagaan serta mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis, baik lingkup global, regional, maupun nasional yang berkembang sangat dinamis dan kompleks, Rabu (26/10).

Di Kodam XVI/Pattimura, kegia­tan apel gelar pasukan di gelar se­cara virtual terpusat di Mako Yonif reider 733 Masariku.

Di hadapan peserta apel, Kasad menyampaikan tugas pokok TNI Angkatan Darat tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis baik dalam lingkungan global, regional, maupun nasional yang kompleks dan dinamis, yang dapat mengancam Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Puluhan Lansia Terima Bantuan Sembako

Hal ini menuntut, TNI Angkatan Darat Harus memiliki tingkat kesiap­siagaan yang optimal, sehingga siap menjalankan amanat tugas dari negara kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.

“Jangan pernah ragu untuk mela­kukan tindakan yang diperlukan, asalkan terukur sesuai standar operating prosedur maupun aturan yang berlaku, pedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta pegang tujuh perintah harian kasad”, pinta Kasad dalam rilis yang diterima siwalima dari kodam XVI Pattimura.

Lanjut dikatakan, dirinya juga menyampaikan bahwa satuan TNI AD  harus semakin menunjukkan peran fungsi dan tugasnya untuk mampu melakukan kegiatan-kegia­tan yang optimal dan maksimal dalam membantu mensukseskan program-program pemerintah.

Usai mengikuti apel gelar kesiap-siagaan, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa me­ngatakan agar setiap Prajurit meme­domani dan melaksanakan apa yang disampaikan oleh Kasad.

Pangdam  merasa bangga dengan Prajurit Kodam XVI Pattimura dalam waktu kurang dari 1 X 24 jam bisa siap-siaga dan tergelar dengan baik. Pangdam juga berpesan jaga harkat, martabat dan kehormatan prajurit TNI AD yang tidak diragukan lagi kesetiaan dan loyalitasnya kepada bangsa dan negara.

“Jaga kesehatan, jaga fisik sehingga setiap saat siap untuk bertugas dan jangan lupa libatkan Tuhan yang Maha Kuasa dalam segala rencana, gerak langkah kita semua,” tegas Pangdam. (S-09)