AMBON, Siwalimanews – Perkumpulan Pengemudi Truk Indonesia  wilayah Maluku, Jumat, (18/12) resmi terbentuk.

Peresmian organisasi ini ditandai dengan pengukuhan Andre Aipassa sebagai Ketua dan  Yongky Hulisellan sebagai sekretaris serta pengurus PPTI Maluku oleh Kesbangpol yang diwakili Kasubdit Bidang Pembangunan, Donald Leiwakabessy, dan disaksikan pihak Ditlantas Polda Maluku, Dishub, serta PT Pelni di Lantai II Terminal Penumpang Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Ketua PPTI Maluku, Andre Aipassa kepada wartawan usai pengukuhan mengatakan, komunitas ini merupakan organisasi yang memberikan pelayanan sosial dibidang transportasi dan sebenarnya sudah lama terbentuk, hanya saja baru dikukuhkan secara resmi di tahun ini.

“Sudah sekitar 4 generasi atau kurang lebih 40 tahun organisasi ini ada. Namun baru saat ini pada generasi ke-4 kami melegalkan organisasi ini,” ucap Aipassa.

Menurutnya, diresmikanya organisasi ini, agar pemda lebih memperhatikan nasib para supir truk yang diakuinya mempunyai kontribusi bagi pembangunan maupun kebutuhan masyarakat yang sejalan dengan visi dan misi pemda.

Baca Juga: Daftar di Kesbangpol, Bapera Siap Konsolidasi

“Terlepas dari profesi, kami melihat selama ini komunikasi kami dengan pemerintah hampir tidak ada. Kami berharap ada perhatian pemerintah, karena apapun yang terjadi kami hadir untuk berikan pelayanan publik, guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Aipassa berharap, dengan diresmikanya organisasi, maka pemda dapat menyediakan terminal tetap bagi truk, sebab selama bertahun-tahun para sopir beroperasi di Pelabuhan Yos Sudarso, tidak ada terminal tetap yang disediakan. Hal tersebut membuat para sopir kewalahan, mengingat jumlah armada yang terus bertamah dari waktu ke waktu.

“Selama ini kami tidak miliki terminal, sementara jumlah kendaraan terus bertambah, untuk itu yang menjadi harapan kami pemda melihat dan merespon permintaan kami khusus untuk terminal,” harapnya.

Sementara itu Kasubdit Bidang Pembangunan Kesbangpol Maluku, Donald Leiwakabessy, mengapresiasi dibentuknya organisasi ini, serta berharap kehadiran PPTIM dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Saya berharap organisasi ini bersinergi dengan pemda maupun pihak terkait dan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat,” harapnya. (S-45)