AMBON, Siwalimanews – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Probowo minta kepada para penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) perikanan di Maluku untuk menanamkan semangat Pattimura di dada sebagai penjaga laut Indonesia

Pasalnya, peyidik merupakan satu pilar dalam sistem penegakan hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, kehadiran PPNS yang baru saja diambil sumpah dan dilantik ini merupakan energi baru bagi semua masyarakat, khsusunya Kementerian Kelautan dan perikanan serta Pemprov Maluku untuk menjaga laut di daerah ini.

“Terkait dengan ilegal dan destructive fishing posisi KKP sudah sangat jelas, akan ditindak tegas. Hal yang sama juga ingin saya sampaikan kepada saudara PPNS untuk tidak perlu ragu dalam menangani tindak pidana di bidang Kelautan dan perikanan,” tegas Menteri KKP dalam sambutannya pada acara pelantikan 30 PPNS Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan yang berlangsung di lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Selasa (31/8).

Selain itu kata Prabowo, perlu diingat bahwa dinamika penegakan hukum saat ini berjalan cepat dan kompleks, dengan berbagai modus operandi baru. Oleh sebab itu ia minta kepada PPNS untuk terus meningkatkan kapasitasnya.

”Pahami secara komperhensif berbagai aspek tindak pidana dibidang kelautan dan perikanan. Bagi saudara yang baru dilantik selamat bertugas sengan kewenangan penyidikan yang dimiliki. Sekali lagi, tanamkan semangat Pattimura di dada kalian sebagai penjaga laut indonesia,” pintanya.

Sementara itu Gubernur Maluku Murad Ismail menambahkan, jika dikaitkan dengan pelantikan PPNS jelas menjadi tugas untuk menterjemahkan tanggung jawab melindungi sumber daya alam Maluku, khususnya bidang kelautan dan perikanan.

”Saya ingatkan dalam pelaksanaan tugas apabila berkaitan dengan kepentingan penyidikan, maka kalian wajib melakukan koordinasi, komunikasi dengan penyidik Polri guna mendapatkan petunjuk dan bantuan penyidikan yang diperlukan,” ujar gubernur.

Untuk diketahui, 30 PPNS perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku yang diambil sumpah dan janji oleh Kakanwil Hukum dan HAM Maluku Andi Nurka berdasarkan SK Menteri Hukum dan Ham Nomor 16812/PSDKP.f.3.1/pw.562/VII/2020.

Pelantikan disaksikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Sekjen KKP Antam Novambar, sejumlah Dirjen KKP, Gubernur Maluku Murad Ismail bersama Wagub Barnabar Orno, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimuri, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema, Kepala Basarnas Djunaidi, Kepala Bakamla Zona Maritim Timur, Danlantamal XI Ambon dan para tamu undangan lainnya. (S-39)