AMBON, Siwaliamnews – Salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kab­paten Kepulauan Tanimbar (KKT) yakni menggelar aksi solidaritas yang dilakukan pada Jumat (4/12), kepada para nakes yang terkonfir­masi Covid-19 melalui hasil swab test atau uji Polymerase Chain Reaction (PCR) tersebut.

Walaupun hanya dengan bermo­dalkan sebuah mobil angkot, aksi solidaritas tersebut dilakukan de­ngan penuh antusias dan kesetia­kawanan pada beberapa titik lokasi karantina terpusat, khusus nakes dan nakes lainnya yang berada pada Puskesmas Lorulun, Puskes­mas Saumlaki, Perumahan Dokter, serta RSUD P. P. Magretti Saumlaki.

Sekretaris PPNI KKT, Samuel Saiselar mengatakan, aksi solidaritas yang dilakukan semata-mata guna membantu para rekan nakes dan nakes lainnya yang benar-benar di­nyatakan telah terkonfirmasi virus Covid-19 dan merupakan suatu aksi yang benar-benar murni dari sesama rekan seprofesi yang tidak berhubu­ngan dengan hal-hal yang bersifat protes maupun politik.

“Kegiatan ini murni dari organi­sasi untuk rasa kepedulian kami kepada rekan-rekan seprofesi yang terinfeksi Covid-19, dan bukan me­rupakan satu bentuk protes atau semacamnya,” ungkap Sekretaris PPNI KKT, Samuel Saiselar.

Dirinya menjabarkan total kese­luruhan nakes dan nakes lainnya di KKT yang terdampak, yakni pada Puskesmas Lorulun adalah seba­nyak 12 orang, Puskesmas Saumlaki sebanyak 26 orang, RSUD P. P. Magretti sebanyak 22 orang. Di­antara keseluruhan data tersebut, ada yang berada pada karantina ter­pusat dan ada beberapa yang se­men­tara melakukan karantina man­diri pada rumah masing-masing.

Baca Juga: Salurkan Bantuan UKM Pulihkan Ekonomi

“Bantuan yang kami berikan beri­kan dalam aksi solidaritas ini adalah berupa air mineral bermerk Aqua, susu cap Beruang, vitamin C, dan roti atau snack. Jangan dilihat dari bantuan yang diberikan, namun rasa solider yang tulus bagi rekan-rekan dalam menghadapi situasi sulit ini,” ucap dirinya.

Ia menjelaskan, untuk sumber dana aksi solidaritas tersebut berasal dari kas organisasi PPNI KKT, sum­bangan sukarela dari perawat lain­nya, dan para donatur yang salah satunya adalah Kepala Bank Maluku dan Maluku Utara cabang Kota Saumlaki. Sedangkan untuk aksi penggalangan dana atau donasi, akan berlangsung hingga tanggal 20 Desember 2020 mendatang.

Mewakili Ketua PPNI KKT serta anggota maupun pengurus lainnya, dirinya juga meminta meminta mas­yarakat agar tidak serta-merta menilai kinerja tenaga medis dalam mela­kukan pelayanan kesehatan pada masa pandemi ini, hanya semata-mata dengan tujuan untuk menda­patkan uang atau dana, namun pelayanan yang dilakukan adalah benar-benar dengan tulus dan sepe­nuh hati demi kecintaan terhadap Bumi Duan Lolat.

“Kami berharap agar teman-teman nakes maupun nakes lainnya dapat bersabar menjalani proses pemuli­han maupun masa karantina dengan baik dan kiranya melalui sumbangan ini, menjadi kekuatan dan motivasi tersendiri bagi mereka. Kami juga meminta dukungan dari masyarakat maupun Pemda agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus ini,” pintanya.

Salah satu anggota PPNI, Devis Naranmase, yang turut serta dalam aksi dimaksud menambahkan, do­nasi yang digalang PPNI KKT untuk aksi dimaksud, dapat disalurkan melalui rekening BRI, 0643-01-015135-53-9, atas nama PPNI Kabu­paten Kepulauan Tanimbar atau dapat menghubungi kontak Whats­sap, +6281311398131 (Jimmy), +6281344130224 (Nela), dan +6282198362246 (Merfi).

Naranmase juga berharap, adanya perhatian khusus dari Pemerintah Daerah, DPRD, maupun dinas terkait terhadap kegiatan dimaksud agar kiranya ada kebijakan khusus bagi nakes dan nakes lainnya yang telah dinyatakan positif Covid-19 sehing­ga mereka juga dapat merasakan sentuhan langsung oleh pemda.

“Tak lupa kami sampaikan terima­kasih kepada rekan-rekan perawat, Kepala Bank Maluku Malut, dan donatur lainnya yang turut peduli untuk membantu terlaksananya ke­giatan solidaritas ini,” ucap Nanan­mase.

Selain itu, salah satu nakes Pus­kesmas Saumlaki, Ebit Masela, mengucapkan rasa terimakasihnya mewakili rekan seprofesi yang men­dapatkan bantuan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanim­bar agar tidak panik dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh agar terhindar dari penularan virus corona.

“Kami mengimbau juga kepada rekan-rekan seprofesi yang semen­tara melakukan tugas pelayanan terhadap para pasien di masing-masing tempat tugasnya agar selalu bersabar dan senantiasa berdoa agar Tuhan selalu menyertai dalam melakukan pelaya­nan kesehatan yang prima kepada masyarakat,” pintanya. (S-50)