Turnamen sepak bola paling akbar sejagad, FIFA World Cup 2022 telah dimulai, sejak 20 November dan akan berakhir pada 18 Desember mendatang, di Qatar.

Seiring dengan berjalannya turnamen, satu pertanyaan mendasar yang memenuhi benak para pecinta sepak bola dunia adalah, tim mana yang berpotensi untuk menjadi juara di gelaran sepak bola paling bergengsi ini ? Tentu masing-masing dari kita berharap, tim favorit dan jagoan kitalah yang menjadi juara.

Namun, tentu saja hal tersebut haruslah rasional dan tak asal prediksi tanpa disertai alasan yang kuat. Pasalnya, ada banyak faktor yang harus dipenuhi untuk menjadi juara di turnamen berkelas ini.

Berbicara mengenai prediksi yang dapat dipertanggung­jawabkan, tentu kita tak bisa lepas dari analisis data yang dirilis oleh Opta Sport.

Opta Sport merupakan perusahaan analisis data olah raga yang berbasis di Inggris, dan menjadi yang terbesar dalam penyediaan data statistik untuk lebih dari 30 jenis olah raga.

Baca Juga: Mandeknya Penanganan Korupsi Jalan Rambatu

Disadur dari laman bbc dan foxsports, menjelang gelaran Piala Dunia 2022 ini, Opta telah merilis daftar negara-negara yang diprediksi Piala Dunia 2022 untuk tim teratas adalah Brazil. Siapa yang meragukan sepak terjang Brazil di gelaran Piala Dunia ? Sejak gelaran Piala Dunia dimulai pada tahun 1930, Tim Samba menjadi satu-satunya negara yang tak pernah absen dalam gelaran penuh gengsi tersebut. Bahkan, hingga saat ini, Brazil tercatat menjadi negara paling sukses dengan raihan lima gelar juara dunia. Untuk gelaran tahun 2022 ini, Brazil menjadi tim dengan peluang terbesar untuk menjuarai turnamen.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Opta, Brazil memiliki kans sebesar 63,7% untuk melaju ke perempat-final, 40,2% melaju ke babak semi-final, dan 25,3% peluang untuk mencapai partai final. Tak hanya itu, Opta memprediksikan bahwa peluang Brazil untuk menjuarai turnamen ini mencapai 15,8%, tertinggi di antara tim-tim lainnya.

Disusul posisi negara ketiga yakni Prancis. Meski berstatus sebagai juara bertahan, Perancis tak lantas menjadi kandidat utama untuk juara di gelaran Piala Dunia 2022 ini. Opta menempatkan Les Bleus di peringkat ketiga dengan potensi menembus perempat-final sebesar 58,8%, menembus semi-final sebesar 37,7%, dan potensi mencapai partai puncak sebesar 21,9%. Untuk peluang menjadi juara, Perancis mendapatkan peluang sebesar 12,2% sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan Argentina.

Kemudian Tim Spanyol, walau sempat merajai persepakbolaan dunia dan Eropa pada akhir dekade 2000an dan awal dekade 2010an, kekuatan persepakbolaan Spanyol sedikit demi sedikit tergerus dalam beberapa tahun belakangan. Namun, dengan modal pemain yang tengah menuju puncak karir yang dipadukan dengan talenta sarat pengalaman, membuat Opta tetap memperhitungkan el Matador menjadi salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia 2022 ini. Disadur dari data yang dirilis oleh Opta, Spanyol diprediksi memiliki kans sebesar 55,1% untuk melaju ke perempat-final, 31,6% melenggang ke babak semi-final, dan 17,4% peluang mencapai babak puncak. Untuk potensi juara, Spanyol mendapatkan prosentase sebesar 9,1% di bawah Brazil, Argentina dan Brazil.

Dan posisi kelima ditempati oleh tim Inggris. Meski berkali-kali gagal melangkah jauh di gelaran Piala Dunia, Inggris ternyata tetap mendapatkan perhatian dari Opta. Dengan prosentase 56% kemungkinan, juara Piala Dunia edisi 1966 ini, diprediksi akan melenggang ke perempat-final dengan relatif mudah. Selain itu, Harry Kane dan kawan-kawan juga mendapatkan perhitungan kans 30,9% untuk melaju ke semi-final, 17% untuk melaju ke babak puncak dengan peluang menjadi juara sebesar 8,7%.

Selain 5 negara di atas, Opta juga merilis daftar negara yang berpeluang untuk juara hingga 16 tim. Berdasarkan urutan potensi juara, secara urut tim-tim tersebut adalah Brazil, Argentina, Perancis, Spanyol, Inggris, Jerman, Belanda, Portugal, Belgia, Denmark, Kroasia, Uruguay, Swiss, Senegal, Meksiko dan Serbia. Namun, apapun itu, namanya juga prediksi. Jadi, bisa benar, bisa juga salah. Yang penting, mari kita meriahKan Piala Dunia 2022 ini dengan gembira. (*)