AMBON, Siwalimanews – Kasus positif Covid-9 di Maluku terus meningkat. Sampai dengan, Senin (18/5) tambah lagi 9 kasus baru.

Dengan penambahan itu, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif di Maluku mencapai 116, dimana 6 orang meninggal dunia, 21 sem­buh dan 89 dalam perawatan.

“Hari ini saja ada penambahan 9 kasus baru, sehingga jumlah ka­sus terkonfirmasi di Maluku seba­nyak 116 orang, yang terdiri dari 89 orang masih dalam perawatan, 6 orang meninggal dan 21 orang di­nyatakan sembuh,” ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Pena­nganan Covid-19 Maluku, Murad Ismail kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Senin (18/5).

Murad menjelaskan, awalnya pada pagi hari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Ambon mengeluarkan hasil uji swab dua orang yang dinyatakan positif. Sorenya, hasil swab tujuh orang lagi yang dikeluarkan positif.

“Sore tadi baru keluar ada penambahan 7 kasus, dari awalnya hanya dua kasus sehingga hari ini secara keseluruhan ada tambah 9 kasus baru,” ujarnya.

Baca Juga: 43 Pedagang Masih Jualan

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang menambahkan, dua orang yang hasil swab keluar duluan itu, yakni laki-laki berinisial IB dan perempuan berinisial YP. Keduanya merupakan warga Kota Ambon, yang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.

“Keduanya merupakan pasien PDP, namun hasil swabnya sudah keluar dari BTKL-PP, keduanya dinyatakan positif Covid-19 yakni laki-laki inisial IB dan perempuan dengan inisial YP,” terang Kasrul.

Sementara identitas tujuh orang lainnya yang terkonfirmasi positif akan disampaikan besok.

“Karena kita baru dilaporkan ada penambahan tujuh kasus baru pada sore hari, makanya akan disampaikan besok, karena belum ada penomoran yang diberikan oleh BTKL-PP,” jelas Kasrul.

ODP Turun PDP Bertambah

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Maluku menurun, sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah.

“Jumlah ODP di Maluku sampai dengan Senin 18 Mei 2020 pukul 12.00 WIT sebanyak 52 orang,” kata Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy.

Lohy merincikan, jumlah ODP di Kota Ambon sebanyak 50 orang, Kabupaten SBT 1 orang dan Kabupaten Buru Selatan 1 orang. Sebelumnya ODP di Maluku pada Minggu 17 Mei 2020 pukul 12.00 WIT sebanyak 54 orang.

Sedangkan jumlah PDP di Maluku Senin 18 Mei 2020 sampai dengan pukul 12.00 WIT sebanyak 33 orang.

Masing-masing Kota Ambon 25 orang, Kabupaten Malteng empat orang, kabupaten Buru 3 orang dan Kabupaten Bursel 1 orang.

“Sebelumnya jumlah PDP di Maluku, Minggu  17 Mei 2020 pukul 12.00 WIT sebanyak 23 orang,” jelasnya. (S-39)