SEKRETARIS Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),  Alfonsius Siamiloy menyampaikan apresiasinya bagi kontingen MBD terutama para atlit dan pelatih yang telah berjuang keras, mengharumkan nama MBD lewat sejumlah prestasi yang diraih.

“Kita harus bersyukur karena dengan keterbatasan, kita bisa meraih 4 medali emas, 10 perak dan 18 perunggu. Itu sesuatu yang sangat luar biasa dan patut diapresiasi, apalagi semua cabor berhasil meraih medali tanpa terkecuali,” ujarnya,  di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (27/11) saat menghadiri seremonial penutupan Pekan Olahraga Provinsi Maluku IV.

Siamiloy menjelaskan, dalam mengikuti ajang bergengsi ini, persiapannya sangat singkat bahkan waktu yang diperlukan lebih kurang satu bulan saja.

“Kita hanya bisa mengikuti 10 Cabor dari 17 Cabor yang diper­tandingkan maupun dilombakan. Hal ini dikarenakan, waktu yang dibutuhkan sudah sangat sing­kat”, urainya.

Baca Juga: Pantai Syota Harumkan Maluku di API AWARD 2022

Ia berharap, dengan prestasi yang ditorehkan hari ini menjadi pemicu semangat bagi semua elemen baik itu Pemda MBD, KONI MBD, Pelatih bahkan atlit untuk berbenah dan mengem­bangkan cabor masing-masing.

“Akan ada banyak turnamen yang dilakukan kedepannya, oleh karena itu, kami berharap para atlit harus terus berlatih, disiplin dan semangat sehingga kelak dapat meraih prestasi”, harapnya.

Sementara itu, Gubernur Ma­luku,  Murad Ismail dalam sam­butan Penutupan Popmal IV meminta agar pemerintah dalam hal ini KONI Kabupaten/Kota di Maluku serta seluruh pemangku kepentingan dalam melaksana­kan pembinaan untuk selalu melakukan langkah konstruktif secara berkelanjutan dan ber­kesinambungan untuk hasilkan atlet berprestasi.

”Mari kita mendukung anak-anak dalam mengembangkan prestasi sampai kemanapun untuk menjadi yang terbaik dan bukan hanya ditingkat daerah tapi di seluruh Indonesia untuk terus mengharumkan nama Provinsi Maluku,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam upaya pembinaan atlit maka pihaknya akan melaksanakan pertanding­an Volly Ball pada beberapa waktu kedepan.

“Saya menyaksikan tim Volly Indoor MBD 2 dan KKT 2 saat babak final, sangat luar biasa. Maka selain melaksanakan pertandingan, kita juga akan mendatangkan dua pelatih pusat guna melatih atlit Volly Pasir maupun Indoor”, pungkasnya.

Dirinya berharap, para atlit terus berlatih dan mengem­bangkan diri sehingga kedepan dapat mengharumkan nama Provinsi Maluku pada setiap event nasional.(S-08)