AMBON, Siwalimanews – Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku khususnya program stusi keperawatan berbagi pengetahuan dengan anak remaja khususnya siswa SMP Negeri 3 Ambon, Sabtu (3/12).

Penyuluhan yang diberikan berupa personal hygiene atau kesehatan pribadi yang dilakukan tim dosen keperawatan anak, pendidikan kesehatan jiwa oleh tim dosen keperawatan jiwa, penyuluhan rokok dan bahayanya oleh tim dosen KMB dan penyuluhan kesehatan reproduksi pada anak remaja yang dilakukan oleh tim dosen keperawatan maternitas.

Pantauan Siwalima, kegiatan penyuluhan berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan dipenuhi dengan interaksi yang penuh canda tawa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh mahasiswa Prodi Keperawatan Ambon dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Progam pengabdian masyarakat yang berlangsung di SMPN 3 Am­-bon ini diharapkan akan menjawab permasalahan anak remaja.

Pada kesempatan itu, para dosen Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Maluku yang melaksanakan program pengabdian masyarakat ini, menyampaikan terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 3 Ambon beserta dewan guru, yang telah menerima mereka untuk menjalankan program ini.

Baca Juga: e-Parkir Diterapkan, Parkir Konvensional Diijinkan

Kepada Siwalima disela-sela jalannya program tersebut para dosen keperawatan Poltekkes Maluku ini menjelaskan selain memberikan penyuluhan juga dilakukan senam bersama.

“Jadi masa remaja adalah masa yang unik dan dipenuhi oleh banyak perubahan besar, baik secara fisiologis maupun psikologis, jelas para dosen.

Mereka mengaku mulai dari perubahan tubuh memasuki masa pubertas, perubahan dalam pergaulan, perkembangan otak dan juga perubahan emosional dan berpotensi menimbulkan permasalahan. “Masa ini dimana mereka sudah mulai memperhatikan penampilannya ini, membuat mereka ingin selalu tampil sempurna,” ujar mereka.

Menurutnya masa puber, dimana perubahan hormon terjadi, membuat perubahan pada tubuh anak-anak remaja, seperti munculnya jerawat, berkeringat yang berlebihan, perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh, dan lain sebagainya.

Civitas akademika Prodi Keperawatan Ambon Poltekkes Kemenkes Maluku, memiliki kepedulian serta kewajiban untuk berperan aktif guna menjawab permasalahan yang timbul pada anak remaja,” jelas mereka.

Dengan senam lanjut mereka memiliki segudang manfaat untuk tubuh. mulai dari menjaga stamina, mengendalikan berat badan, membantu pertumbuhan tulang dan otot juga menyehatkan otak dalam menunjang fungsi kognitif anak, termasuk kemampuan berpikir, kemampuan fokus/konsentrasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, mengingat, hingga mengambil tindakan.

Sasaran senam yang dilakukan para dosen Prodi Keperawatan Ambon, Tim KMB dan keluarga, bukan hanya ditujukan kepada para siswa, namun juga ditujukan kepada para dewan guru, berupa senam anti hipertensi dan senam persendiaan. (S-06)