AMBON, Siwalimanews –  Eforia Piala Dunia yang berlangsung di Qatar tahun ini, bukans aja terajdi di Kota Ambon, namun hampir di seluruh daerah, termasuk di Kabupaten Kepulauan Tnaimbar juga turut dalam eforia itu.

Alhasil Kapolres Tanimbar AKBP Umar Wijaya menginstruksikan agar dilaksanakan patroli cipta kondisi di Kota Saumlaki dan sekitarnya, untuk menjaga situasi kemananan dan ketertiban masyarakat tidak terganggu lantaran eforia Piala Dunia.

Menindaklanjuti arahan kapolres, personel Samapta Polres Tnaimbar pun bergerak dengan melakukan patroli di dalam Kota Saumlaki dan sekitranya terutama pada tempat-tempat nonton bareng Piala Dunia 2022 Qatar.

Patroli yang digelar, Jumat (25/11) dini hari itu diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin Kasubnit Il Dalmas Satuan Samapta Aipda Wilhelmus Takndare bersama 6 anggotanya dengan melakukan ptaroli melintasi Desa Olilit timur, Olilit Barat, Pasar Saumlaki, kawasan Gunung Nona, kompleks BTN, Desa Sifnana, Pasar Omele dan jalan Poros Saumlaki.

Dalam kegiatan ini, sesuai petunjuk dan arahan kapolres, setiap personel yang bertugas harus memberikan himbauan atau pesan kamtibmas kepada kelompok masyarakat yang ditemukan sedang nonton bareng agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Tanimbar saat berlangsung piala dunia.

Baca Juga: Kota Ambon Kokoh Dipuncak Klasmen Sementara Popmal IV

Selain it para personel melakukan dialogis dengan masyarakat dengan mengajak agar berperan aktif bersama Polri untuk dapat memberikan informasi sekecil apapun, tentang kejadian atau aksi-aksi yang mengganggu aktivitas masyarakat, seperti balap liar, pawai atas kemenangan negara tertentu yang di jagokan pada saat pertandingan serta juga aksi kejahatan lainnya.

Kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kasubnit II Dalmas  Aipda Wilhelmus Takndare Menjelaskan, patroli ini dilakukan guna mencegah terjadinya keributan, menghalangi jalan dan mencegah para suporter agar tidak melakukan pawai kemenangan yang mengganggu kamtibmas

“Giat ini sesuai arahan Kapolres Tanimbar. Kita mencegah terjadinya keributan dan aksi penonton yang memakan bahu jalan menghalangi lalu lintas, dan juga mencegah para suporter untuk tidak melakukan aksi pawai kemenangan yang dapat menganggu kamtibmas dan ketentraman warga,” jelasnya.(Mg-1)