Saumlaki, Siwalimanews – Polres Tanimbar bersama jajaran TNI serta instasni terkait lainnya di Kabupaten Kepulauan Tnimbar menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana, yang merupakan implementasi dari program quick wins presisi.

Kapolres dalam arahannya saat mengamil apel yang dipusatkan di Mapolres Tanimbar, Rbau (7/12) menjelaskan, apel ini dilaksanakan untuk mensinergikan seluruh komponen antar instansi, terkait penanggulangan bencana.

“Penanggulangan bencana ini tentunya tidak dapat juga kita lakukan secara parsial antara Polri atau TNI bersama Basarnas sendiri, namun perlu juga untuk mensinergikan antar instansi terkait dalam kegiatan penanggulangan bencana di Kabupaten Tanimbar,” ucap kapolres.

Menurutnya, selama menjabat sebagai kapolres, ia telah melihat adanya sinergitas antara TNI dan Polri bersama Basarnas serta KPLP dalam melakukan penanganan bencana yang terjadi di perairan secara bersama.

“Dari pengamatan saya disini, ketika ada terjadinya bencana di perairan, terkait dengan kendala kapal motor di laut, saya sudah melihat sinergi antar Basarnas bersama Polri, khususnya Polairud dan TNI AL serta KPLP sudah terlaksana dengan baik guna membantu penyelamatan korban maupun material,’ ujar kapolres

Baca Juga: Mahasiswa Poltek Lapor Dugaan Korupsi  Direktur ke Kejari Ambon

Oleh sebab itu, untuk mensukseskan penanggulangan bencara ini kata kapolres, ada tiga hal yang harus dilaksanakan bersama yakni, sinergitas, komunikasi dan kordinasi.

“Dari 3 hal ini dapat kita laksanakan dengan baik tentunya, kita juga bisa aksi cepat dalam penanggulangan bencana,” tutur kapolres.

Usai apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan dan peninjauan perlengkapan SAR oleh masing-masing pimpinan instansi yang hadir.(S-26)