AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Resort Maluku Barat Daya (MBD) menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila di tugu perbatasan Indonesia-Australia yang berada di Pulau Letti, Kabupaten MBD, Rabu (1/6).

Upacara yang melibatkan personel TNI dan para kades ini dipimpin Kapolres MBD AKBP Dwi Bachtiar Rivai, sementara bertindak selaku komandan upacara Danramil 04 Serwaru Letda Ruben Julius Souhuat.

Upacara yang diikuti kurang lebih 50 peserta yang berasal dari personel TNI dan Polri, serta para kades se-Kecamatan Serwaru dan stafnya, maupun pengurus Bhayangkari Cabang MBD tersebut dengan mengusung tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.

“Hari ini kita melaksanakan upacara memperingati hari lahir Pancasila tahun 2022 di Tugu Perbatasan RI-Australia yang berada di Pulau Letti,”  tandas Kapolres dalam amanatnya.

Peringatan hari lahir Pancasila kata Kapolres, sengaja dilakukan di perbatasan Indonesia-Australia, agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahui, bahwa semangat Pancasila juga dirayakan bersama rakyat di ujung NKRI.

Baca Juga: Warga Dobo Serbu Operasi Pasar Minyak Goreng Curah

Upacara peringatan hari Pancasila saat ini merupakan sejarah, karena baru pertama kali dilaksanakan di perbatasan Indonesia-Australia sejak negara ini merdeka.

“Kami berterima kasih kepada seluruh peserta upacara yang berkenan hadir disaat ini, terutama kepada para kades yang ada di Pulau Letti, kiranya Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati kita semua,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Ketua Latupati Pulau Letti Goly Lakusa, memberikan apresiasi atas terselenggaranya upacara peringatan hari lahir Pancasila  di tugu perbatasan RI-Australia.

“Saya sangat bersyukur dan ini semua merupakan salah satu yang terbaik bagi kita semua dan NKRI, karena kita di Pulau Letti ini berada di perbatasan Timor Leste dan Australia,” tandasnya. (S-10)