Polisi Tutupi Pemasok Ganja di Kudamati

AMBON, Siwalimanews – Penyidik Satuan Reserse dan Nar­koba Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, menutupi identitas pemasok ganja bagi Sandy Wiliam Diaz, pemuda Kudamati, Lorong Sinar, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, yang ditangkap membawa ganja kering, Sabtu (2/11).

Buktinya setelah ditangkap Diaz, polisi menangkap lagi tiga rekannya dan kini sudah  ditahan di Rutan Polres Ambon. “Hasil pengemba­ngan ada penambahan tiga orang. Namun untuk identitas belum disam­paikan. Intinya polisi terus meng­usut­nya,” tandas Paur Subbag Hu­mas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izaac Lea­temia kepada wartawan di Mapolres Ambon, Kamis (7/11).

Leatemia menjelaskan, para ter­sangka ini dijerat dengan pasal 111 dan pasal 114 Undang-Undang No­mor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Dalam pasal 111 menyebutkan, Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, meme­lihara, memiliki, menyimpan, me­ngua­sai, atau menyediakan Narko­tika Golongan I dalam bentuk tana­man, dipidana dengan pidana pen­jara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp8.000.­000.000,00 (delapan miliar rupiah).

Sementara pasal 114 menyebut­kan, Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk  dijual, menjual, membeli, me­ne­rima,

menjadi perantara dalam jual beli,  menukar, atau menyerahkan Narko­tika Golongan I, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima)  tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)

Saat ditanyakan tentang inisial, Leatemia mengaku tidak tahu. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun satu tersangka berinisial DL yang juga warga kudamati.

Sumber di Mapolres menyebut­kan DN adalah satu tersangka yang mensuplai barang bukti kepada Diaz.

Ditangkap

Sandy Wiliam Diaz, warga Kuda­mati, ditangkap saat membawa Nar­koba jenis ganja.

Diaz tertangkap tangan membawa barang haram ini ketika razia Operasi Zebra Siwalima 2019 oleh Satuan Lalu Lintas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Sabtu (2/11), di Jalan Sultan Babullah.

Kasat Lantas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Fiat Ari Suhada yang dikonfirmasi membe­narkan penangkapan Sandy Diaz.

Awalnya, Sandy yang berprofesi sebagai sopir mobil rental pangkalan itu, dihentikan oleh Bripka Abdul Hamid Soerahman dan Brigpol De­lon Terinate untuk dilakukan peme­riksaan kelengkapan kendaraan. Saat itu,  mengendarai sepeda motor Honda Beat PB 4753 SB.

Sandy berupaya menghindar saat hendak diperiksa. Ia beralasan surat sepeda motornya tertinggal di mo­bil, dan mengaku baru saja kena tilang.

Anggota lalu lintas kemudian meminta Sandy untuk menunjukan bukti blangko tilang. Ketika meng­ambil blangko, satu paket ganja ke­ring milik Sandy jatuh dari saku celana.

“Jadi saat sedang mengambil bukti blangko tilang di saku kanan celana pelaku, jatuh satu paket ganja kering. BB itu dilihat anggota, pelaku lang­sung diamankan oleh personil Lan­tas Bripka Abdul Hamid Soerahman dan Brigpol Delon Terinate,” jelas Suhada. Selanjutnya, pria 27 tahun ini langsung diamankan dan dibawa ke Mapolres Ambon dan diserahkan ke Satuan Narkoba untuk dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

(S-27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *