Polisi Kejar Dua Wanita Pelaku Perampokan Sumber Asia

Ambon, Siwalimanews – Setelah berhasil melakukan penangkapan terhadap lima dari tujuh pelaku perampokan  di Hotel Sumber Asia terhadap korban HB. Kini Pplisi sementara memburu dua pelaku lain yang masih buron.

Dari hasil pengembangan yang dilakukan pihak Reskrim Polres Ambon, diketahui dua pelaku yang masih buron tersebut merupakan wanita. Kedua wanita tersebut masing-masing berinisial LI dan JE.

Mencuat dua nama wanita tersebut menambah daftar pelaku perempuan yang mendominasi tindakan perampokan tersebut menjadi empat orang dari tujuh pelaku. Bahkan dari hasil pemeriksaan diketahui juga, bahwa para pelaku ini mempunyai hubungan keluarga.

“Hasil penyelidikan lanjutan, ternyata para pelaku yang terkait ini mempunyai hubungan kekeluargaan,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulai Lease, AKP Gilang Prasetya, dalam keterangan pers di Mapolres Ambon, Rabu (25/9).

Menurutnya, pelaku Welma Malunto merupakan teman kencan korban diketahui adalah salah satu dari sindikat perampokan tersebut. Sementara BM merupakan kakak kandung WM dan JT merupakan istri dari BM.

Modus perampokan ini dikarenakan WM tergiur dengan uang yang dibawah korban usai melakukan hubungan layaknya suami istri.

“WM ini juga terlibat dalam perampokan itu, karena setelah melakukan kencan di kamar hotel, WM lihat korban bawa uang dengan jumlah besar sehingga, WM hubungi kakaknya BM untuk lakukan perampokan terhadap korban. Selanjutnya BM bersama JT yang adalah istri dari BM dan pelaku lain datang ke TKP dan melakukan aksi tersebut,” beber kasat.

Menurutnya, untuk melacak keberadaan dua  pelaku yang masih buron, saat ini, pihaknya sementara mengumpulkan informasi dari ke empat tersangka yang baru ditangkap di Kabupaten SBB serta melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Kita sementara melakukan penyelidikan berdasarkan keterangan dari 4 tersangka yang baru di amankan, untuk mengidentifikasi keberadaan dua pelaku lain yang masih dalam pengejaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, empat pelaku perampokan tamu Hotel Sumber Asia 2 ber­hasil diciduk aparat kepoli­sian dari tempat persem­bunyian mereka di Desa Taniwel, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Para pelaku ini berhasil mengga­sak uang tunai Rp 76 juta, dua unit handphone merk Vivo 15 Pro dan Nokia satu unit.

Diciduknya empat orang ini me­nambah daftar penangkapan pelaku perampokan tamu Hotel Sumber Asia 2 menjadi lima orang.

Sebelumnya satu orang pelaku ber­hasil diringkus saat yang ber­sangkutan bersembunyi di Kuda­mati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Perampok tamu Hotel Sumber Asia 2 semuanya berjumlah tujuh orang. Satu berhasil diringkus di Ambon, sisanya melarikan diri ke Pulau Seram.

Para pelaku yang diciduk di Ta­niwel itu adalah dua pria dan dua wanita. Mereka sempat bersembunyi selama beberapa hari di Desa Tani­wel. Namun keempat pelaku berhasil ditangkap pada Minggu (22/9) di rumah keluarga Niko Latumakulita, warga Desa Taniwel.

Keempat pelaku pencurian yang diciduk itu, yaitu Barselius Malunto alias Ongen (24), warga Dusun Kayu Tiga, Negeri Soya, Kota Ambon. Kemudian Malino (18), pemuda pengangguran berdomisili di ka­wasan AY Patty, Kelurahan Honi­popu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Dua pelaku wanita masing-masing Julia Malunto alias Julia (27) dan Welma Malunto alias Ema (19). Ke­duanya warga Dusun Kayu Tiga, yang diduga merupakan kerabat dari Barselius Malunto.

Saat ditangkap, aparat kepolisian berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp. 40.946.000,, satu unit handphone merek Oppo A3S senilai Rp. 1,5 juta yang dibeli menggunakan uang hasil curian, satu unit handphone merk Vivo V15 milik Hakim Buamona (korban pencurian) serta empat unit HP milik para pelaku.

Para pelaku dan semua barang bukti diamankan sementara di Mapolsek Taniwel, dan kemudian digiring ke Polres Ambon untuk menjalani proses hukum.

Satu Pelaku Diringkus                      

Sebelumnya polisi berhasil meringkus JK salah satu dari tujuh pelaku perampokan tamu Hotel Sumber Asia 2, yang beralamat di Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

JK diringkus Sabtu (21/9) sekitar pukul 03.00 WIT saat sedang bersama teman-temannya berada di kawasan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe.

Pria 26 tahun ini dan enam pelaku lainnya melakukan perampokan terhadap tamu Hotel Sumber Asia 2, berinisial HB (40), pada Selasa (17/9). (S-45)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *