AMBON, Siwalimanews – Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang berlangsung ditengah pandemi Covid-19, dirayakan secara berbeda oleh Polda Maluku dengan melaksanakan bakti sosial dalam bentuk penyaluran sembako.

Sasaran Polda Maluku kali ini adalah mahasiswa dari Provinsi Papua dan Papua Barat yang saat ini sementara mengenyam pendidikan di Institut Aagama Kristen Negeri, Universitas Pattimura dan Universitas Kristen Indonesia Maluku di Ambon.

Paket sembako tersebut diserahkan Polda Maluku melalui Rektorat IAKN Ambon untuk kemudian diteruskan kepada para mahasiswa.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswa IAKN Ambon, Agus Gasperzs mengapresiasi Polda Maluku yang telah memberikan kepedulian penuh kepada mahasiswa Papua dan Papua Barat di Kota Ambon.

“Kepedulian sangat luar biasa dari Polda Maluku, bagi mereka (mahasiswa Papua-Papua Barat), khususnya di kampus IAKN, maupun kampus lainnya di Kota Ambon. Apalagi dalam konteks pandemi saat ini. Disamping itu juga momentum HUT Kemerdekaan,” ujarnya.

Baca Juga: RS Siloam Berlakukan Harga PCR Sesuai Instruksi Presiden

Gasperzs mengaku, saat ini kedua provinsi tersebut sementara lockdown, sehingga akses komunikasi antara mahasiswa dengan keluarga mereka mengalami kesulitan, untuk itu, bantuan seperti ini sangat diperlukan guna meringkankan beban hidup para mahasiswa.

“Kehadiran Polda Maluku untuk mereka bisa sedikit membantu, sekaligus meringankan beban hidup mereka di Kota Ambon. Kita apresiasi betul kegiatan ini disamping meningkatkan rasa cinta mereka terhadap NKRI,” pungkasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat, ditempat berbeda menjelaskan, selain membagikan paketan bantuan di IAKN Ambon, Polda Maluku juga memberikan bantuan anakan tanaman umur pendek dan umur panjang kepada mahasiswa Papua di asrama putra dan putri Kampus Unpatti di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Secara simbolis anakan tanaman diserahkan kepada Kepala Asrama Putri Syiane Matatula, Dosen FISIP, Mahasiswa papua di asrama putra Mathias Andarek, serta Mahasiswi Nadia Sagaz.

“Tanaman umur panjang yang diberikan berupa anakan rambutan binjai serta tanaman umur pendek berupa bibit cili, terong, tomat dan pepaya,” ujar Ohoirat.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku, kegiatan sosial yang dilakukan hari ini sebagai bentuk kepedulian pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tahun.

“Kita sama-sama membangun rasa cinta Tanah Air untuk mereka di momentum HUT Kemerdekaan. Sekaligus wujud kepedulian kita terhadap mereka yang ada di Kota Ambon,” kata Ohoirat.

Kegiatan pembagian bantuan juga kata Ohirat, untuk menunjukan kepada publik, bahwa keberadaan mahasiswa Papua di Kota Ambon sangat aman dan nyaman.

“Kita tunjukan bahwa adik-adik kita dari Papua yang berada Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, merupakan keluarga kita,” tutupnya. (S-45)