AMBON, Siwalimanews – Calon anggota Badan Pe­ngawas Pemilihan Umum (Ba­waslu) Provinsi Maluku ikut tes Psikologi.

Tes yang dilakukan Kepo­li­sian Daerah Maluku dan Ba­waslu Provinsi Maluku ini ber­langsung di Manise Hotel, Kota Ambon, Rabu (24/5).

Sebanyak 24 dari 25 calon anggota Bawaslu ikut dalam tes ini. Sementara 1 calon ang­gota lainnya berhala­ngan hadir lantaran sakit.

Tes psikologi bagi calon anggota Bawaslu Provinsi Maluku dibuka oleh Kepala Biro SDM Polda Maluku Kombes Pol Bony J.S. Sirait, yang diwakili Kasubbag Psi­pers Bag Psikologi, Kompol Thukul D. Handayani.

Pelaksanaan tes psikologi tersebut diawasi oleh panitia dari Bag Psikologi Biro SDM, dan pengawas internal Polda Maluku (Itwasda dan Pro­pam) maupun Bawaslu Pro­vinsi Maluku.

Baca Juga: Angkot Kudamati Terbalik di Hukurila, 1 Tewas 17 Luka

Saat membuka kegiatan, Kompol Thukul mengaku tes psikologi dise­lenggarakan Bawaslu Provinsi Ma­luku dan bekerjasama dengan Bag Psikologi Biro SDM Polda Maluku. Kerjasama dilakukan setelah adanya nota kesepahaman bersama antara Bawaslu RI dan SSDM Polri. “Tes psikologi ini dilaksanakan secara transparan dan serentak di seluruh Indonesia,” kata Kompol Thukul.

Menurutnya, setelah ini hasil tes tidak disampaikan secara langsung, namun akan diberikan kepada kepada SSDM Mabes Polri.

“Nanti dari SSDM Mabes Polri menyampaikan hasil tes psikologi kepada Bawaslu RI, dan kemudian Bawaslu RI menyampaikan kepada Bawaslu Provinsi” jelasnya.

Dengan sistem tersebut, dirinya mengatakan  Bagian Psikologi Biro SDM Polda Maluku tidak berhubu­ngan langsung dengan peserta tes. Pihaknya menggunakan metode psikotes yang sudah baku atau se­suai dengan juknis dari Biro Psi­kologi SSDM Polri.  “Ini tentu saja sudah sesuai dengan juknis yang ada di Bawaslu RI jadi kita tidak akan menyimpang dari situ, semua sama seluruh di Indonesia,” ujarnya. (S-10)