AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku siap menggelar Operasi Simpatik Siwalima 2021, yang dimulai Selasa (14/12). Sebelum pelaksanaan operasi, Polda Maluku lebih dulu memastikan kesiapan anggota yang terlibat lewat latihan pra operasi simpatik.

Pra operasi simpatik tahun ini mengusung tema Melalui Lat Pra Ops Simpatik Siwalima 2021 Kita Tingkatkan Kemampuan Personil dan Sinergitas Antar Fungsi Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas di Wilayah Hukum Polda Maluku.

Pelatihan operasi lalu lintas ini dipusatkan di aula Pesat Gatra Ditlantas Polda Maluku, Senin (13/12).

Karo Ops Polda Maluku yang diwakili Kabag Kerma AKBP Luther Bane, saat membuka kegiatan itu mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk memberikan bekal atau materi kepada seluruh personel yang akan terlibat dalam operasi tersebut.

“Personel akan menjalankan Operasi Simpatik Siwalima 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Kegiatan penegakan hukum berupa teguran lisan dan dilarang melaksanakan tilang,” tandas Luther.

Baca Juga: DPRD Bakal Kawal Janji Panglima TNI

Luther menjelaskan, tugas Polri untuk mememberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan, dalam menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat, juga sebagai penegak revolusi mental, serta melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih, dan bebas dari KKN.

Hal tersebut dilakukan, untuk mewujudkan penegakan hukum yang objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

“Pelaksanaan operasi simpatik Siwalima 2021, agar tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan, mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap mempedomani protokol kesehatan,” pintanya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan pelatihan pra ops simpatik 2021, Kabag Kerma AKBP Luther Bane didampingi Kompol Tomy Siahaya, Kabag Ops Ditlantas Polda Maluku, dan para personel yang terdiri dari Ditlantas, Ditintelkam, Biddokes, Biro Ops, Bidhumas dan Bidpropam Polda Maluku.

Rencananya, Operasi ini akan dilaksanakan sampai dengan Kamis (23/12) mendatang. (S-45)