AMBON, Siwalimanews – Guna menangkal dan menindak tegas kelompok paham Radikalisme dan Separatisme di Maluku, maka Polda Maluku menggelar pelatihan pra ops Merah Putih 2020.

Kegiatan yang dipusatkan di aula command center, Polda Maluku, Selasa (21/4) berlangsung dibawah sorotan tema “Siap menangkal dan Tindak Tegas Kelompok Paham Radikalisme dan Separatisme”.

Kapolda Maluku , Irjen Pol Baharudin Djafar, dalam arahannya saat membuka kegiatan , mengatakan  pelatihan yang dilaksanakan ini agar dalam pelaksanaan operasional anggota di masing masing satuan kerja operasi dapat serius dalam melaksanakan tugas serta mengikuti arahan serta petunjuk yang di himbau oleh komandan atau yang di tuakan, sehingga sesudah melaksanakan tugas operasi ada yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Kepada Direktur Intelijen yang mana sudah berikan masukan lewat beberapa laporan serta testimoni, Saya sangat mengharapkan intelejen untuk pelaksanaan deteksi dini dalam tugas oprasi,” pinta kapolda.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini, juga meinstruksikan setiap anggota dalam pelaksanaan operasi  agar terlebih dahulu diturunkan untuk memantau situasi dibeberapa wilayah kecamatan dan perkampungan yang sudah terdata atau deteksi dini yang dianggap rawan.

Baca Juga: Gandeng BRI, Polres MBD Gelar Bakti Sosial

“Kita harus turunkan anggota terlebih dahulu untuk memantau situasi dibeberapa wilayah kecamatan dan perkampungan yang sudah terdata, tujuannya adalah kita melaksanakan penggalangan serta deteksi dini didaerah atau perkampungan yang memang dianggap rawan,” ujarnya.

Melihat pelaksanaan operasi yang berada di tengah penyebaran virus Covid-19, tak lupa Kapolda mengajak anggota yang terlibat untuk mengikuti prosedur Covid-19 dari pemerintah serta petunjuk yang sudah dihimbau oleh kapolri.

“Dalam pelaksanaan tugas operasi harus diutamakan kebersihan diri serta mengikuti arahan dan petunjuk yang sudah dihimbau oleh bapak kapolri,” himbaunya. (S-45)