AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku dalam waktu dekat akan melaksanakan operasi pemberantasan penyakit masyarakat (Pekat) dengan sandi Siwalima.

Operasi terpusat yang digelar setiap akhir tahun ini, diawali dengan latihan pra operasi, yang digelar Biro Operasi di ruang rapat Direktorat Kriminal Khusus Polda Maluku, Rabu (3/11). Latihan yang diikuti 25 peserta ini, dibuka oleh Kabag Kerma Biro Ops Polda Maluku AKBP Luther Banne.

Puluhan peserta pelatihan berasal dari personel Diretorat Samapta, Bidang Propam, Bidang Dokes, Direktorat Intelkam, Direktorat Krimum dan Bidang Humas.

“Puluhan peserta pelatihan dari berbagai satuan Kerja di Polda Maluku ini akan ditempa, dan dibekali dengan berbagai pengalaman dan ilmu kepolisian di lapangan dari para narasumber yang dihadirkan dari Satker terkait yang ada di Polda Maluku,” jelas Karo Ops Polda Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Kerma Biro Operasi Polda Maluku, AKBP Luther Banne.

Ia juga meminta agar para peserta yang ikut dalam latihan pra operasi pekat bisa mengikuti semua materi yang diberikan.

Baca Juga: Tamilouw Rounnusa Kondusif, Ratusan Personel Masih Siaga

“Jadikan latihan pra operasi ini sebagai sarana bertukar pikiran, untuk menambah wawasan dan pengetahuan,” pintanya.

Sasaran dari pelaksanaan operasi pemberantasan Pekat ini kata dia, antara lain, judi, miras (mabuk-mabukan) dan berbagai aktivitas yang meresahkan masyarakat. Untuk itu, para peserta diharapkan senantiasa melakukan komunikasi dan interaksi dengan baik.

“Sesama peserta harus saling berkomunikasi, berinteraksi, termasuk dengan narasumber yang didasari dari hasil pengalaman pada tugas-tugas sebelumnya, sehingga dapat bertindak dengan tepat dan cermat, agar kesalahan prosedur sekecil apapun dapat dihindari saat pelaksanaan tugas operasi di lapangan,” harapnya. (S-45)