AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku menggelar kegiatan pembekalan dan pelatihan ketrampilan bagi anggota dan pegawai negeri Polri yang akan pensiun atau memasuki masa purna bhakti tahun 2022.

Kegiatan yang dihelat di gedung Student Center FKIP, Universitas Pattimura, Kota Ambon, Rabu (3/8), ini dibuka oleh Kapolda Maluku Irjen  Lotharia Latif.

Sebanyak 45 peserta dari berbagai satuan kerja di Polda Maluku mengikuti pelatihan tersebut, diantaranya 3 peserta berpangkat kombes, 1 AKBP, 10 kompol, 3 AKP, 9 Iptu, 1 Aiptu, 1 Aipda, dan 17 ASN.

Kapolda Maluku dalam sambutannya mengaku, menjadi purnawirawan adalah puncak paling tertinggi saat bertugas di Polri.

“Jadi pangkat tertinggi itu bukan jenderal di kepolisian, akan tetapi  pensiun dan bahagia di dinas Polri,” ucap kapolda.

Baca Juga: Komisi IV Sesali Banyak Proyek DAK Pendidikan Bermasalah

Untuk mencapai puncak penugasan pada dinas Polri kata Kapolda, berbagai hal harus sudah dipersiapkan.

“Kita harus menyiapkan, bahwa kita akan kembali ke masyarakat, dan ini akan terjadi,” sebutnya.

Menghadapi masa purna tugas, kapolda menyampaikan terdapat tiga investasi yang harus diperhatikan yakni, pertama, investasi kesehatan, kemudian kesejahteraan, dan investasi ibadah.

“Kegiatan ini jangan dilihat karena sprin kapolda lalu dijalankan sebagai seremonial saja, tapi harus benar-benar diserap agar dapat menjadi bekal saat sudah purna tugas nanti,” pintanya.

Kepada para peserta, Kapolda juga menyampaikan beberapa pesan. Diantaranya agar selalu menjaga keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, dekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta dengan menjalankan segala perintah-Nya.

Persiapkan diri dengan bersungguh sungguh dalam menghadapi masa purna tugas, bekali diri saudara sekalian dengan kompetensi dan integritas yang handal sesuai bidang yang akan ditekuni, sehingga dapat menghadapi medan tugas yang baru dengan tenang dan penuh percaya diri.

“Manfaatkan dengan maksimal kegiatan pembekalan dan latihan keterampilan purna tugas ini. Simak dengan seksama dan penuh semangat sehingga materi yang diberikan oleh para narasumber dapat dipahami,” pinta kapolda.

Selain itu kapolda juga minta, kembangkan wawasan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh secara optimal, agar dapat memberikan manfaat baik untuk diri pribadi, keluarga serta masyarakat sekitar, dengan menghasilkan karya maupun produk yang berkualitas serta dapat membuka lapangan kerja.

Pada saat telah memasuki masa purna tugas nantinya, jadilah panutan dan icon perubahan menuju ke arah yang lebih baik di tengah masyarakat.

“Tetap berikan kontribusi bagi kemajuan institusi Polri dengan memberikan saran masukan dan pemikiran yang positif dan bermanfaat, jangan pernah berhenti untuk peduli dan menjaga nama baik Polri,” pinta kapolda.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan ini menghadirkan sejumlah pemateri, diantaranya Pimpinan PT BTPN Cabang Ambon Robert Jauw,  Kepala PT ASABRI Cabang Ambon EM Sosselisa, Staf Disprindag Maluku Eugene Wenno, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Gugus Pulau III Seram Utara Mulyadi Mukromin, Staf PT BTPN Tbk Ambon Lambert Hehuat, Kepala CV Berkat Abadi/Konsultan  Pertanian dan Perkebunan Maluku Amirulah Lubis, Ketua DPW Ikatan Sarjana Perternakan Indonesia Provinsi Maluku. (S-10)