AMBON, Siwalimanews – Pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di samping pangkalan ojek lingkungan I Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Selasa (18/5) malam.

Akibatnya, pengendara motor beserta boncengannya yakni Hilma Latarissa (44) serta Mohan Maka­titta (20) yang melintas tertimpa pohon tumbang tersebut dan dila­rikan ke RS Bhayangkara Polda Maluku akibat menderita luka robek yang cukup serius.

Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang akibat cuaca ekstrim belakangan ini  harusnya diwaspadai warga Kota Ambon. Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izack Leatemia kepada wartawan di Mapolresta, Rabu (19/5) menjelaskan, dari keterangan korban Hilma Latarissa, sebelum kejadian ia dan anaknya Mohan Makatitta sementara melintas di sekitar TKP, tiba-tiba pohon tersebut tumbang secara perlahan hingga menimpa keduanyya.

“Dari keterangan korban, keduanya dari Kota Ambon hendak menuju arah Kebun Cengkeh, sesampainya di TKP pohon tersebut roboh secara perlahan, korban dan anaknya yang mengendarai sepeda motor sempat menghindar ke arah kiri, namun saat itu ujung pohon tersebut langsung mengenai keduanya,” jelas Leatemia.

Beruntung kedua korban berhasil menyelamatkan diri ke rumah warga sebelum akhirnya dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis akibat mengalami sejumlah luka.

Baca Juga: Warga Hualoy-Tomalehu Baca 1.080 Juz Alqur’an

“Kedua korban bisa selamat dan dilarikan ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis, untuk korban Ibu Hilma mengalami luka robek pada bagian belakang kepala, sedangkan anaknya mengalami sakit pada kaki sebelah kanan dan bahu sebelah kanan,” urainya.

Informasi pohon tumbang itu sampai juga ke Pemerintah Kota Ambon. Sekitar pukul 21.40 WIT, petugas Damkar Kota Ambon, personel Ditsabhara, SAR Polda Maluku dan personel Ditlantas bersama Satlantas Polres Ambon dan Polsek Sirimau dibantu masyarakat setempat tiba di lokasi dan  langsung evakuasi pohon tersebut.

Evakuasi dilakukan dengan cara memotong batang pohon menggunakan mesin pemotong serta memindahkan batang, serta ranting pohon tersebut, untuk membuka akses jalan yang sempat menyebabkan kemacetan panjang.

Bersamaan dengan itu pihak PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon kota juga tiba dan langsung mematikan arus listrik di sekitar TKP.

Hingga pukul 22.00 WIT areal TKP berhasil dibersihkan dan akses jalan kembali normal. (S-45)