AMBON, Siwalimanews – Intensintas hujan yang tinggi disertai angin kencang, membuat pohon besar di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di samping pangkalan ojek lingkungan I, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, tumbang, Selasa (18/5) malam.

Akibat kejadian tersebut, pengendara motor beserta boncengannya yakni Hilma Latarissa (44) serta Mohan Makatitta (20) yang sementara melintas di TKP ikut tertimpa pohon tumbang tersebut dan dilarikan ke RS Bhayangkara Polda Maluku.

Kasubbag Humas Polresta Ambon Ipda Izack Leatemia kepada wartawan di Mapolresta, Rabu (19/5) menjelaskan, dari keterangan korban Hilma Latarissa bahwa, sebelum kejadian ia dan anaknya Mohan Makatitta sementara melintas di sekitar TKP, tiba-tiba pohon tersebut tumbang secara perlahan hingga menimpa keduanyya.

“Dari keterangan korban, keduanya dari Kota Ambon hendak menuju arah Kebun Cengkeh, sesampainya di TKP pohon tersebut roboh secara perlahan, korban dan anaknya yang mengendarai sepeda motor sempat menghindar ke arah kiri, namun saat itu ujung pohon tersebut langsung mengenai keduanya,” jelas Leatemia.

Beruntung kedua korban berhasil menyelamatkan diri kerumah warga sebelum akhirnya dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis akibat mengalami sejumlah luka.

Baca Juga: DPRD Maluku Siap Jadi Tuan Rumah Forkom Sekwan

“Kedua korban bisa selamat dan dilarikan ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis, untuk korban Ibu Hilma mengalami luka robek pada bagian belakang kepala, sedangkan anaknya mengalami sakit pada kaki sebelah kanan dan bahu sebelah kanan,” urainya.

Sekitar pukul 21.40 WIT, Petugas Damkar Kota Ambon, Personel DitSabhara, serta SAR Polda Maluku dan personel Ditlantas bersama Satlantas Polres Ambon bersama Polsek Sirimau dibantu oleh masyarakat setempat tiba di lokasi dan  langsung memotong batang pohon tersebut menggunakan mesin pemotong serta memindahkan batang, serta ranting pohon tersebut, untuk membuka akses jalan yang sempat menyebabkan kemacetan panjang.

Bersamaan dengan itu pihak PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon kota juga tiba dan langsung mematikan arus listrik disekitar TKP.

Hingga pukul 22.00 WIT batank pohon berhasil dibersihkan dan akses jalan kembali normal. (S-45)