AMBON, Siwalimanews – Dalam masa pandemi yang saat ini sementara dialami masyarakat Maluku terlebih khusus Kota Ambon, maka PMI di bantu oleh Dinas Pemadam Kebakatan dan Penyelamatan Kota Ambon melaksanakan giat pembagian paket makanan, Jumat (10/7).

Kepala Dinas Pemadam kebakaran Edwin Pattikawa, mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya bukan kegiatan yang diprogramkan khusus oleh Damkar, namun merupakan kegiatan yang disiapkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon.

“Itu kegiatan PMI bukan Damkar tetapi kita sama-sama berpartisipasi,” ungkap Pattikawa, kapada wartawan di Balai Kota Ambon Jumat (10/7).

Pattikawa menambahkan giat yang dilakukan oleh PMI ini didukung oleh pihaknya yang merupakan relawan yang turut membantu PMI guna untuk mensukseskan kegiatan yang dinamakan giat pembagian paket makanan  di kawasan Kota Ambon.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan tujuan dari pelaksanaan giat tersebut Pattikawa mengungkapkan, guna untuk membantu pekerja yang terkena dampak langsung dari wabah Covid-19 di Kota Ambon serta mendukung PSBB yang sementara berlangsung di Kota Ambon.

Baca Juga: Temui DPRD, KPID Maluku Sampaikan Laporan Kinerja

“Tujuan dari giat tersebut untuk membantu mereka yang terkena dampak covid yakni pekerja nonformal seperti tukang becak, tukang ojek dan supir angkutan umum dan juga mendukung PSBB di Kota Ambon,” jelasnya.

Pattikawa mengakui, pembagian nasi kotak kepada sejumlah pekerja nonformal sudah merupakan kali keenam selama masa PSBB, dan pembagian nasi kotak tersebut dilaksanakan di sejumlah ruas jalan utama yang ada di Kota Ambon, yang diperkirakan banyak sekali para pekerja informal yang berlalu-lalang menjajakan jasanya.

“Sampai kemarin, sudah enam kali pembagian, dan dibagi di tempat ojek kemudian menyebar di berbagai tempat mulai dari Belakang Soya, depan Gereja Maranatha, depan Gereja Bethel, dan dibawah Jembatan Merah Putih,” tuturnya.

Ketika kembali ditanyakan terkait dengan keberlangsungan kegiatan tersebut apakah akan terus dilaksanakan selama masa PSBB tahap II yang saat ini se-mentara berlangsung dirinya ber-harap dapat terlaksana hingga masa ini terselesaikan. “Saya ha-rap seperti itu,” tandasnya. (Mg-6)