AMBON, Siwalimanews – Pelaksana tugas sementara (Plt) Direktur RSUD Haulussy, Rodrigo Limmon diminta bekerja maksimal. Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Keuangan RSUD Haulussy ini melaksana tugas baru sebagai Plt menggantikan Ritha Tahitu yang sudah pensiun.

Memang bukan soal pensiunnya, tetapi selama menjabat Plt rumah sakit kebanggaan masyarakat Ma­luku itu, Tahitu tidak punya ke­mampuan memanejerial rumah sakit tersebut sehingga amburadul.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Ma­luku, Melkianus Sairdekut kepada Siwalima mengatakan, perubahan komposisi manajemen pengelolaan RSUD Haulussy menjadi kewena­ngan Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Tetapi soal manajemen, Plt yang baru harus mampu bekerja maksimal, yang mana per hari ini rumah sakit daerah dan Dinas Kesehatan men­jadi trend dalam kaitan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Maluku.

Olehnya itu, DPRD Maluku me­minta kepada Plt Direktur RSUD Haulusy yang baru untuk dapat be­kerja secara maksimal dalam melihat semua persoalan yang berkaitan de­ngan pelayanan kesehatan termasuk berkolaborasi dengan Dinas Kese­hatan menuntaskan persoalan insen­tif tenaga kesehatan.

Baca Juga: Lahan Perpustakaan Dihapus dari Aset, Hotel Mewah Bakal Dibangun

“Kami hanya meminta kepada Plt Direktur yang baru untuk bekerja maksimal dalam melihat persoalan pelayanan kesehatan termasuk ber­kolaborasi bersama dinas kesehatan untuk tuntaskan masalah insentif te­naga kesehatan,” tegasnya kepada Siwalima Kamis (8/10).

Sairdekut menambahkan, DPRD Maluku tetap memberikan duku­ngan penuh untuk semua kerja-kerja rumah sakit, karena saat ini dalam situasi pandemi Covid-19 yang mem­butuhkan dukungan dan kecepatan bekerja.

Seperti diberitakan, setahun lebih menjabat sebagai Plt Direktur RSUD dr. M.Haulussy, Ritha Tahitu ak­hirnya pensiun. Ritha diberikan kepercayaan menjabat sebagai Plt Direktur RSUD dr. M Haulussy sejak dilantik oleh Gubernur Maluku Murad Ismail pada September 2019 bersama dengan sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemprov Maluku.

“Jadi benar ibu Ritha sudah pensiun, tepat tanggal 1 Oktober dan jabatan Plt kita serahkan ke Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Keuangan RSUD dr. M Hau­lussy Rodrigo Limmon,” jelas Sekda Maluku  ketika di konfirmasi war­tawan di kantor Gubernur Maluku, Senin (5/10).

Dijelaskan pengangkatan Rodrigo Limmon sudah memenuhi kriteria untuk menempati jabatan pelaksana tugas di RSUD dr. M. Haulussy.

“Kalau lihat rekam jejak, beliau memang pantas dan dari beberapa nama yang kita sodorkan, pimpinan memilih dokter Rodrigo,” terang Kasrul.

Ditanya apakah dengan ditunjuk­nya Rodrigo Limmon menjabat sebagai pelaksana tugas proses pelayanan kepada masyarakat harus lebih baik dari sebelumnya sekda mengaku pasti bisa.

“Kita doakan, mudah-mudahan pelayanan publik kedepan lebih baik lagi, kalian juga harus mendoakan,” pintah Kasrul.

Diaku kalau Rodrigo Limmon juga pernah menjabat sejumlah jabatan penting di bidang kedokteran terma­suk sebagai ketua IDI. “Jabatan yang diberikan kepada Rodrigo Limmon sudah memenuhi syarat, dan dari kepangkatan tidak ada masalah,” tandasnya. (Cr-2)