AMBON, Siwalimanews – PT PLN Maluku dan Maluku Utara menyatakan kesiapannya mengamankan sistim kelistrikan di Maluku jelang pelaksanaan pilkada dan perayaan Natal dan Tahun Baru

Untuk pelaksanaan pilkada, sebanyak 495 petugas disiagakan amankan listrik saat pilkada seren-tak 9 Desember besok. Manager Komu­nikasi PLN Unit Induk Wila-yah Maluku dan Malut (UIW MMU), Ramli Malawat mengatakan, da-lam rangka kesiapan pengamanan paso­kan kelistrikan jelang pilkada se­rentak dan Natal 2020 serta Tahun Baru 2021, pihaknya melaksanakan kegiatan apel siaga secara virtual pada Senin (7/12).

“Sebanyak 495 petugas kami disiagakan untuk menjaga pasokan saat pilkada serentak  9 Desember mendatang dan 2.580 petugas untuk menjaga pasokan listrik mulai 10 hari sebelum Natal hingga 10 hari setelah Tahun Baru 2021. Tim ini berpe­doman pada protokol kesehatan,” ujar Senior Manager Teknik PLN UIW MMU Pedi Sumanto.

PLN UIW MMU juga memastikan bahwa dari sisi ketersediaan pasokan listrik saat Pilkada serentak maupun Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dipastikan aman.

“Sebagai contoh untuk di sistem Ambon sendiri, daya mampu kami saat ini mencapai 99,34 MW dengan beban puncak 54,50 MW. Dengan demikian daya yang tersedia cukup karena terdapat cadangan daya sebesar 44,84 MW. Lalu untuk di sistem Ternate-Tidore, daya mampu kami mencapai 52,50 MW dengan beban puncak sebesar 34,78 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 17,72 MW,” jelas Pedi.

Baca Juga: Rumah Dinas Gubernur tak Layak Huni Butuh Kajian

Dikatakan, PLN juga menyiap­kan 12 genset berkapasitas 5 KW hingga 100 kW yang disiapkan di lokasi pelaksanaan Pilkada serentak di Maluku dan Maluku Utara. Sedangkan untuk Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 PLN menyiapkan 33 genset berkapa­sitas 2 kW hingga 100 kW yang disiapkan di lokasi pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru di Maluku dan Maluku Utara.

Adapun untuk kegiatan pemeliharaan listrik yang berdampak padam ditiadakan selama menjelang Natal dan Tahun Baru, namun pemeliharaan rutin seperti inspeksi jaringan, perabasan pohon dan perbaikan konstruksi jaringan distribusi tetap dilakukan untuk menjaga keamanan dan kehandalan pelayanan kepada pelanggan PLN.

“Kami pun juga menghimbau kepada seluruh pelanggan jasa pengguna listrik untuk dapat menghubungi contact center PLN 123 ataupun posko-posko siaga kami di kantor PLN terdekat apabila terdapat gangguan kelistrikan yang mungkin dialami,” himbaunya. (S-32)